Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Modifikasi SUV Gaya Rally Raid, Mulai dari Pelek dan Kepet

Kompas.com - 01/02/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi Sport Utility Vehicle (SUV) jadi gaya rally rally raid memang cukup menarik buat dilakukan. Ubahannya simpel tapi bisa mengubah penampilan cukup signifikan, jadi lebih sporty.

Bagi yang mau mengubah SUV miliknya jadi gaya ala rally, bisa dimulai dahulu dari ganti pelek. Model yang mengikuti seperti yang digunakan di mobil rally dakar sudah sangat mendongkrak penampilannya.

Julian Johan atau akrab disapa Jeje, pebalap off-road nasional menjelaskan, tips paling mudah mengubah aliran mobil jadi rally raid memang dengan ganti pelek dulu.

Baca juga: Ketika Suzuki Jimny Aplikasi Konsep Modifikasi Rally Look

Mobil reli Lexus LX 570 yang sudah dimodifikasi menjadi Toyota Land Cruiser (LC200) untuk berkompetisi dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023Dok. Jejelogy GHP Mobil reli Lexus LX 570 yang sudah dimodifikasi menjadi Toyota Land Cruiser (LC200) untuk berkompetisi dalam Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023

"Peleknya pakai yang memang spek rally, bisa dikasih warna putih atau tergantung selera," kata Jeje kepada Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Setelah pelek, baru lakukan modifikasi di bagian yang lain. Misal ganti ban dengan model yang lebih kasar, lalu tambah mudflap atau kepet, sampai pasang snorkel, dan upgrade suspensi.

"Tapi memang biasanya mulai dari pelek, karena jadi faktor utama buat mendongkrak mobil jadi konsep rally raid. Yang lain tinggal mengikuti sesuai skala prioritas dan bergantung budget pastinya," kata Jeje.

Baca juga: Ini Kasta Tertinggi Pelat Nomor Dewa, Jumlahnya Terbatas


Cuma kalau budget terbatas, komponen paling murah yang bisa dipasang adalah kepet atau mudflap. Bisa dicari di pasaran, mau yang sudah jadi atau custom potong sendiri dengan model yang diinginkan.

"Itu kita bisa beli jadi atau custom, potong sesuai ukuran yang diinginkan dan sama-sama murah, hitungan ratusan ribu Rupiah, Rp 500.000 sampai Rp 1 juta yang bagus sudah dapat," kata Jeje.

Sedangkan kalau dari pelek, setidaknya mengeluarkan dana minimal Rp 5 juta buat satu set. Tapi kalau mau yang biasa dipakai rally, yang banyak beredar di pasaran harganya Rp 20 juta sampai Rp 30 jutaan buat satu set.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com