Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Cek Air Radiator Mobil Sebelum Dipakai Pergi Berlibur

Kompas.com - 21/12/2023, 12:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) biasanya digunakan untuk bepergian ke luar kota bersama keluarga menggunakan mobil pribadi.

Sebelum melakukan perjalanan, pemilik wajib memastikan mobil dalam keadaan sehat. Salah satunya dengan mengecek air radiator, karena komponen ini memiliki peran penting dalam sistem pendinginan agar mesin tidak mengalami overheat.

Baca juga: Bepergian Saat Libur Nataru, Pastikan Obat-obatan Ini Ada di Mobil

Ilustrasi mengganti air radiatorSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti air radiator

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan mengatakan, pengecekan air radiator mobil sangat penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan.

“Periksa kapasitas dan kualitas air radiator, pastikan volume air di radiator cukup, caranya dengan membuka tutup radiator saat pagi hari sebelum mesin dihidupkan, periksa juga kapasitas air di tabung reservoir,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Iwan juga mengatakan ketika pengecekan dan air radiator pastikan warna masih bagus dan tidak ada kebocoran.

Baca juga: Skandal Uji Keselamatan Daihatsu Meluas Sampai Asia, Termasuk Indonesia?

Ilustrasi coolant radiator mobil dari MasterMaster Ilustrasi coolant radiator mobil dari Master

“Kalau warna air radiator keruh juga perlu dilakukan pengurasan. Pastikan juga tidak ada kebocoran air radiator di bagian selang-selang dan pipa sistem pendingin,” ucap Iwan.

Selain itu, pengecekan wajib dilakukan beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Tujuannya jika mengalamai masalah serius maka bisa dilakukan pengecekan ke bengkel terdekat.

“Pesan dari saya sebaiknya melakukan ini beberapa hari sebelum bepergian, jadi ketika ada indikasi masalah bisa diatasi terlebih dahulu,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com