Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Eksterior BYD Atto 3 yang Terasa Konvensional

Kompas.com - 30/01/2024, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mobil listrik asal China, BYD langsung tancap gas usai meluncuran tiga produk unggulannya, yakni BYD Seal, Atto 3 dan Dolphin dengan menggelar media test drive.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk mencoba BYD Atto 3 dengan rute Jakarta-Bandung. Menikmati mengendarai mobil yang masuk kelas SUV ringkas lima penumpang dan bersaing dengan MG4 EV dan Chery Omoda E5.

Baca juga: Warga Jakarta Masih Asing dengan Layanan Bus JR Connexion

Kesan pertama yang perlu dibahas ialah soal eksterior. Bisa disebut tampilan Atto 3 lebih cenderung aman alias konvensional, kalau tidak mau disebut konservatif ketimbang MG4 EV dan Chery Omoda E5 yang lebih terasa futuristik sporty.

 

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

Fasia depan contohnya, gril dibuat minimalis dengan logo BYD warna senada yaitu perak yang terkesan simpel. Tampilan depan dipermains dengan bentuk lampu depan yang menyipit dengan pendar sein di bagian atas.

Sedikit ke bagian bawah air scoop besar menjadi poin utama tampilan. Secara keseluruhan bentuk di fasia depan ini mengikatkan mobil-mobil SUV Eropa meski sebetulnya tidak dapat ditunjuk satu merek.

Bicara desain, Atto 3 menggunakan bahasa desain Dragon-face 3.0. Bentuk kap mesin terbilang simpel dengan dua undakan di ujung kiri dan kanannya sebagai bagian dari keseluruhan bentuk lampu.

Baca juga: TMMIN Pastikan Skandal Mesin Fortuner Tidak Berdampak ke RI

Beralih ke samping, gaya crossover dapat dilihat dari bagian atap yang lebih landai di bagian belakang. Di sisi samping dapat sebut desainnya minimalis, dengan perbandingan kaca dan pintu yang lebih besar pintu.

 

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

Kaki-kaki tampak gagah berkat pelek dual tone berukuran 17 untuk ripe Advance dan 18 inci untuk tipe Superior. Khusus tipe Superior dibalut ban Continentals profil tipis.

Beralih ke belakang, desain lampu menyambung dari kedua sisi membuatnya tampil modern. Tampilan belakang Atto 3 juga dipermanis warna berbeda untuk pilar C dan spoiler di atas kaca yang menambah kesan sporty.

Dimensi Atto 3 memiliki panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.615 mm dan jarak sumbu roda 2.720 mm. Lebih besar dari Omoda E5 yang punya panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.588 mm dan wheelbase 2.630 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com