Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencapaian Wuling di Segmen Mobil listrik di Indonesia

Kompas.com - 29/01/2024, 13:55 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren mobil listrik di Indonesia kian menanjak di awal 2024. Hadirnya merek-merek baru dengan beragam model juga turut berkontribusi terhadap tingginya minat konsumen.

Berdasarkan rekapitulasi data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode 2022-2023, Wuling tercatat sebagai merek dengan penjualan mobil listrik terbanyak.

Wuling merupakan salah satu produsen kendaraan mobil listrik terlaris di Indonesia hingga akhir tahun 2023 dengan mencatatkan penjualan 7.951 unit Air ev dan 1.196 unit BinguoEV yang diterima oleh konsumen.

Capaian tersebut tentunya merupakan hasil dari komitmen Wuling dalam melakukan investasi di Indonesia yang telah memasuki usia 7 tahun, termasuk dalam pengembangan dan produksi kendaraan listrik. Hal ini terbukti dari didirikannya pabrik seluas 60 hektar di Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi 10.000 unit Wuling Air ev per-tahun.

Baca juga: Toyota Indonesia Recall Ratusan bZ4X, Ini Penyebabnya

300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat. Jawa Barat (Jabar) teratas dalam realisasi investasi.Dok. Wuling 300 unit Air ev mulai diberangkatkan menuju Bali sebagai Official Car Partner KTT G20 dari fasilitas pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat. Jawa Barat (Jabar) teratas dalam realisasi investasi.

Dengan adanya pabrik tersebut, Wuling tidak hanya memastikan ketersediaan produk-produk suku cadang, tapi juga menjamin tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mobil listrik produksinya memenuhi ambang batas sebesar 40 persen, sehingga layak menerima subsidi PPN dari pemerintah.

Bahkan Wuling pun menyatakan siap jika kendaraan listrik produksi dalam negeri tersebut menerima permintaan dari pasar ekspor.

Dian Asmahani Brand and Marketing Manager Wuling Motors menjelaskan, negara-negara dengan pola setir kanan adalah incaran utama pihak Wuling

"Intinya, sasaran ekspor kita buat Air ev itu adalah buat negara-negara yang setir kanan," ucap Dian kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Angkot di Bogor Mulai Pakai Mobil Listrik

Wuling BinguoEV hadirkan layanan purnajual lengkap.KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Wuling BinguoEV hadirkan layanan purnajual lengkap.

Terbaru, Wuling kian meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia dengan menghadirkan model baru bernama Wuling BinguoEV, yang mengusung tampilan dinamis sesuai dengan minat pasar domestik.

Untuk menggoda konsumen, Wuling juga memberikan beberapa penawaran menarik, salah satunya yakni garansi seumur hidup untuk semua komponen inti mobil listrik, mulai dari motor listrik, motor control unit hingga baterai.

Tercatat Wuling memiliki dua lini mobil listrik di Indonesia dan masing-masing sudah memiliki tiga varian, yakni :

Wuling BinguoEV

-Wuling Binguo EV 333 KM Long Range AC
-Wuling Binguo EV 333 KM Long Range AC/DC
-Wuling Binguo EV 410 KM Premium Range AC/DC

Wuling Air ev

Wuling Air ev Lite
Wuling Air ev Standard Range
Wuling Air ev Long Range

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com