Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP 2024, Sirkuit Mugello Renovasi Keselamatan

Kompas.com - 24/01/2024, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

MUGELLO, KOMPAS.com - Jelang MotoGP musim 2024 Sirkuit Mugello, Italia melakukan renovasi untuk meningkatkan keselamatan. Pihak sirkuit memundurkan dinding pembatas setelah lintasan lurus.

Dinding pembatas tersebut sempat dikeluhkan oleh pebalap karena dinilai terlalu dekat. Jika pebalap mengalami masalah dan tidak bisa mengerem, dikhawatirkan akan menabrak dinding.

Baca juga: Banyak Kecelakaan, Jangan Tergiur Bus Pariwisata Harga Murah

Apalagi lintasan lurus di Sirkuit Mugello merupakan salah satu lintasan lurus yang paling disukai pebalap.

Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, mengibarkan bendera Italia setelah ia memenangi MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada Minggu (11/6/2023).AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, mengibarkan bendera Italia setelah ia memenangi MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada Minggu (11/6/2023).

Musim lalu, pebalap Red Bull KTM, Brad Binder mencatat rekor kecepatan tertinggi di MotoGP yaitu 366,1 kpj di lintasan ini.

Selain memundurkan dinding pembatas di trek lurus, pihak sirkuit juga menambah area run off disejumlah titik. Total pihak Sirkuit Mugello menambah area run off sebesar 1.500 meter persegi di sirkuit dengan panjang 5,2 km dan lebar lintasan 14 meter tersebut.

“Di kawasan ini, kawasan limpasan (run off) sepanjang garis lurus diperlebar menjadi total panjang 450 m. Intervensi lain berkaitan dengan pintu masuk tikungan 8, Arrabbiata1 yang ikonik," tulis rilis Sirkuit Mugello dikutip dari dari Crash, Rabu, (24/1/2024).

Baca juga: Warga Solo Bisa Manfaatkan Subsidi Konversi Motor Listrik

VR46 MotoGP Team@mj_photogp VR46 MotoGP Team

“Saat ini telah dibuat area aspal yang menghubungkan lintasan dengan garis pelindung. Sebanyak 1.500 meter persegi jalur limpasan aspal ditambah," kata rilis.

Paolo Poli, Direktur Sirkuit Mugello, menambahkan bahwa pihak sirkuit juga mengganti kerb di tikungan tiga (Poggio Secco), tikungan sembilan (Arrabbiata2) dan tikungan 11 (Palagio).

“Pada tikungan 3 (Poggio Secco), 9 (Arrabbiata2) dan 11 (Palagio) kerb diganti dengan model generasi terbaru, homologasi FIA dan FIM,” ujar rilis resmi.

Andrea Dovizioso saat sesi tes kedua bersama Aprilia di Sirkuit Mugello, ItaliaDok. @andreadovizioso Andrea Dovizioso saat sesi tes kedua bersama Aprilia di Sirkuit Mugello, Italia

Baca juga: Banyak Kecelakaan, Jangan Tergiur Bus Pariwisata Harga Murah

Kerb atau curbstone adalah garis berwarna yang berada di sisi luar (tepi) lintasan. Kerb merupakan gundukan gerigi di tepi lintasan balap yang dicat berwarna sebagai penanda.

“Keamanan trek bukanlah sesuatu yang statis. Sebaliknya, merupakan tantangan berkelanjutan untuk menemukan solusi guna mengurangi risiko minimum yang di motorsport," ujar Paolo Poli.

“Studi berkelanjutan dan investasi penting yang telah kami alokasikan bertujuan untuk lebih meningkatkan standar Mugello yang sudah sangat tinggi dengan tujuan memungkinkan semua pebalap mengekspresikan hasrat mereka pada fasilitas yang ada," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com