Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Penjualan Toyota Sienta Sampai Disuntik Mati

Kompas.com - 23/01/2024, 17:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia resmi menyetop produksi Toyota Sienta. Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) menengah dengan pintu geser ini disuntik mati usai delapan tahun mengaspal di Indonesia.

Kabar Sienta setop produksi sebetulnya kabar yang bisa diprediksi. Sebab sebelumnya sejak Januari 2023, situs resmi Toyota Indonesia sudah tidak memajang Sienta.

Baca juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Kelistrikan, Bisa Bikin Performa Turun

Saat itu muncul anggapan bahwa sienta sudah tidak dijual. Namun, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, bahwa statusnya spot order atau pesanan khusus.

Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas Toyota Sienta Varian V dengan kursi wheelcab jadi salah satu pilihan MPV dengan akses lengkap bagi disabilitas

“Sienta masih dijual, statusnya spot order,” ucap Anton saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Anton menjelaskan, spot order artinya unitnya tidak ready stock. Calon konsumen yang tertarik memesan terlebih dulu. Ketersedian unit membutuhkan waktu lebih lama, estimasi 2-3 bulan dengan harga tidak mengikat.

Baca juga: Begini Trik Aman Parkir Mobil di Tanjakan dan Turunan, Setir Dibelokkan

Sienta pertama kali meluncur pada 2016. Saat itu Toyota optimistis mobil ini bakal banyak menarik minat keluarga muda karena punya keunggulan pintu geser dan jok baris kedua ala captain seat.

Toyota Sienta WelcabDok. Istimewa Toyota Sienta Welcab

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2016 Toyota berhasil distribusikan Sienta dari pabrik ke diler sebanyak 17.931 unit.

Kemudian pada tahun berikutnya penurunan Sienta mulai terasa. Spenajang 2017 movil hanya terkirim sebanyak 14.968 unit. Angka tersebut kemudian menurun drastis pada 2018 yang hanya mampu mencetak 5.113 unit.

Catatan Kompas.com, distribusi Sienta dari pabrik ke diler pada 2019 dan 2020 terus menurun, penjualan berada di angka 1.030 dan 393 unit.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Sokbreker Motor Mulai Rusak

 

Toyota Sienta tipe Q CVT 2019Rianto Prasetyo/GridOto.com Toyota Sienta tipe Q CVT 2019

Selanjutnya pada 2021, distribusi Sienta dari pabrik ke diler mengalami kenaikan lantaran facelift dan adanya kebijakan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah Ditanggung Pemerintah, namun tidak signifikan, yakni sebanyak 841 unit.

Adapun pada periode Januari-Desember 2022, total pengiriman mobil yang diproduksi ke diler Toyota hanya 99 unit.

Kemudian pada 2023 penjualan Sienta hanya tercatat 1 unit yaitu pada Januari. Padahal pada Januari 2023 Sienta hilang dari situs resmi Toyota Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com