Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulas Fitur TVS Ronin, Sederhana tapi Berguna

Kompas.com - 23/01/2024, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – TVS Ronin yang dijual dengan harga Rp 34,9 juta (tipe SS) dan Rp 38,9 juta (tipe TD) memiliki sejumlah fitur menarik yang berbeda dibandingkan pesaing.

Dari fitur keamanan, Ronin memiliki fitur rem ABS Dual Channel khususnya pada varian TD. Selain itu, rem ABS-nya juga punya pilihan mode Urban dan Rain, yang dibedakan dari sensitivitas remnya.

Fitur ini berguna ketika dipakai pada kondisi hujan, agar traksi ban lebih maksimal saat melaju di jalan basah, tujuannya agar roda tidak terkunci.

Baca juga: Dugaan Penyebab Bus PO Shantika Terbang Terjun Bebas di Tol Pemalang

Instrument cluster TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Instrument cluster TVS Ronin

Sedangkan untuk Ronin varian SS, masih pakai rem ABS juga, tapi hanya pada ban depan saja. Fitur ini cukup mencolok di kelasnya, mengingat Yamaha XSR 155 atau Kawasaki W175 tidak punya rem ABS.

Beralih ke instrument cluster digital bulat yang ada di atas setang. Secara tampilan, tingkat kecerahannya sudah cukup baik dan posisinya mudah dilihat.

Informasinya juga terbilang lengkap, ada takometer, penunjuk kecepatan, penunjuk BBM, jam digital, dan posisi gigi. Lalu ada informasi trip, durasi perjalanan, dan kecepatan rata-rata, serta Distance to Empty atau range BBM.

Baca juga: Penampakan Bus PO Sugeng Rahayu Nyasar di Jakarta

Termasuk konektivitas ke smartphone yang bisa menampilkan notifikasi, perintah suara, dan fitur navigasi.

Ronin juga telah mengusung ISG (Integrated Starter Generator) yang suaranya halus banget. Saat distarter motor tiba-tiba menyala tanpa suara, seperti motor matik keluaran baru.

Kemudian, pada tuas kopling dan rem terdapat pengaturan jarak main. Untuk fitur bawaan standar, tentu kelengkapan ini bikin Ronin bisa lebih menyesuaikan dengan penggunaan pribadi.

Baca juga: Mobil Mundur Nyalakan Lampu Hazard, Benar atau Salah?

Test ride TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test ride TVS Ronin

Beranjak ke bagian jok, Ronin telah mengusung sadel bahan kulit dengan motif jahitan khusus warna putih. Bahan pelapisnya pun terasa kesat di celana saat bergeser.

Ronin juga sudah dikasih engine guard yang berguna saat motor jatuh. Selain itu, juga berguna buat injakan kaki yang lebih santai saat berkendara.

Adapun pada mesinnya, Ronin mengusung dapur pacu yang terbilang sederhana, yaitu 225 cc SOHC 4 klep tanpa radiator, tapi telah mengusung oil cooler. Tenaganya mencapai 20 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 19,93 Nm pada 3.750 rpm.

Baca juga: Ingat, Batas Usia Pengendara Sepeda Listrik Minimal 12 Tahun

Mesin TVS RoninKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin TVS Ronin

Di mesin tersebut ada teknologi Assist & Slipper Clucth, lalu Glide Through Technology (GTT). Fitur GTT memungkinkan mesin melaju dengan merayap saat berada di posisi gigi rendah, tanpa gejala mau mati.

Jadi pengendara tinggal melepas kopling secara perlahan, tanpa perlu memainkan putaran gas. Menurut kami hal ini bisa terjadi lantaran torsi maksimal motor yang sudah bisa diraih sejak putaran mesin rendah.

Alhasil motor terasa mudah dan nyaman dipakai harian, terutama saat macet-macetan di tengah kota. Secara umum, fitur TVS Ronin terbilang sederhana, tapi cukup berguna bagi pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com