Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Terbatas, Deretan Mobil Hidrogen yang Sudah Dipasarkan

Kompas.com - 22/01/2024, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain mobil listrik berbasis baterai, mobil listrik bermesin hidrogen juga sudah dipasarkan di dunia. Namun, jumlahnya sangatlah sedikit, mengingat infrastrukturnya yang juga sangat terbatas.

Mobil dengan bahan bakar hidrogen yang sudah dipasarkan di dunia saat ini hanya ada tidak model dari tiga pabrikan yang berbeda, yakni Toyota Mirai, Hyundai Nexo, dan Honda Clarity. Namun, Honda Clarity sudah disetop penjualannya dan menyisakan Mirai dan Nexo.

Baca juga: Kendaraan Hidrogen di Indonesia Masih Butuh Waktu

Toyota Mirai

Mesin hidrogen milik Toyota MiraiDok. Toyota Mesin hidrogen milik Toyota Mirai

Sedan mewah yang satu ini sudah dipasarkan sejak 2014 dan pada 2020 meluncur generasi keduanya. Mirai memiliki tiga tangki bahan bakar hidrogen yang jika terisi penuh, jarak tempuhnya bisa mencapai 1.300 km.

Mobil berpenggerak roda belakang ini mampu menghasilkan tenaga hingga 128 kW. Daya tampungnya juga muat lima orang dewasa.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Mobil Konvensional dan Hidrogen

Soal teknologi, mobil ini juga sudah disematkan Toyota Safety Senses terbaru, yang meliputi fitur-fitur canggih, seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Pre-Collision System yang lebih cerdas dengan Deteksi Pejalan Kaki.

Saat ini, Mirai dipasarkan di Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa. Banderolnya mulai 49.500 dolar AS hingga 66.000 dolar AS, atau sekitar Rp 773 jutaan hingga Rp 1 miliaran.

Hyundai Nexo

Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogenDok. Caranddriver.com Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogen

Berbeda dengan Mirai yang hadir dalam bentuk sedan, Nexo memiliki bentuk SUV atau crossover. Mobil hidrogen ini dipasarkan sejak 2018, menggantikan Tucson FCEV.

Nexo memiliki tiga tangki bahan bakar dengan kapasitas 156 liter. Jarak tempuh terjauhnya diklaim dapat mencapai 666 km. SUV berpenggerak roda depan dan tenaga yang dihasilkan motor listriknya dapat mencapai 120 kW dengan torsi 395 Nm.

Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogenDok. Caranddriver.com Hyundai Nexo, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogen

Soal teknologi, Hyundai juga melengkapinya dengan berbagai fitur canggih. Selain di Korea Selatan, Nexo juga dipasarkan di Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Harganya saat ini mulai 60.135 dolar AS hingga 63.585 dolar AS, atau sekitar Rp 939 jutaan hingga Rp 993 jutaan.

Baca juga: Kenaikan Pajak Motor Bensin Belum Tentu Mengakselerasi Motor Listrik

Honda Clarity

Honda Clarity, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogenDok. Caranddriver.com Honda Clarity, mobil listrik dengan bahan bakar hidrogen

Mobil hidrogen Honda ini sudah dihentikan penjualannya pada 2021. Honda menghadirkan Clarity pada 2016 untuk meneruskan jejak Clarity FCX yang dipasarkan pada 2008 hingga 2014.

Sedan ramah lingkungan ini dibekali dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 Tk. Motor listriknya ditempatkan pada roda depan. Jarak tempuhnya diklaim dapat mencapai 589 Km. Penjualannya tidak hanya di Jepang, tapi juga di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com