Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Mulai Tes Motor Hidrogen

Kompas.com - 05/01/2024, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki memperkenalkan motor dengan bahan bakar hidrogen yang diberi nama Ninja H2 HySE. Modelnya memang masih prototipe, cuma pengembangan ini bisa jadi jawaban kendaraan rendah emisi.

Dikutip dari Motorcyclenews, Ninja H2 HySE menjadi motor pertama dengan bahan bakar hidrogen. Motor yang dipakai jadi basisnya adalah Ninja H2 SX, motor sport tourer dengan mesin supercharger.

Motor yang digunakan memang dari Kawasaki, cuma ini adalah produk dari HySE atau Hydrogen Small mobility & Engine technology, tim pengembangan hidrogen dari lima merek, yakni Kawasaki, Honda, Suzuki, Toyota, dan Yamaha.

Baca juga: Harga Motor Trail dan Adventure Januari 2024, Kawasaki dan Honda Naik

Kawasaki Ninja H2 HySEVISORDOWN Kawasaki Ninja H2 HySE

"Di masa depan, kami akan mengejar seluruh potensi dari mesin bertenaga hidrogen. Bukan cuma dari Jepang, kami juga akan mengembangkan bersama negara lain," kata CEO Kawasaki Motor Hiroshi Ito, dikutip Kompas.com, Jumat (5/1/2024).

Ito menjelaskan, motor hidrogen ini memakai basis Ninja H2 SX dan mulai dites pada awal 2024. H2 HySE juga jadi motor bertenaga hidrogen pertama yang meluncur secara global.

Hadirnya motor dengan tenaga hidrogen ini jadi langkah maju menuju kendaraan yang rendah emisi. Bukan cuma buat Kawasaki, tapi juga industri kendaraan roda dua secara keseluruhan.

Baca juga: Semakin Ramai, Porsi Penjualan Mobil Listrik Bisa Capai 5 Persen 2024


Motor yang memang basisnya H2 SX memiliki beberapa komponen mekanikal yang samadengan prototipe. Mesin yang dipakai masih 998cc empat silinder dengan supercharger dengan tangki hidrogen yang ada di belakang.

Suntukan bahna bakar bisa membuat motor ini menghasilkan tenaga lebih dari 200 TK. Bagian bodi sedikit diubah, seperti di depan pakai lampu yang modelnya seperti huruf H, simbol dari hidrogen dan sudah LED.

Jadi mari kita tunggu saja hasil pengembangannya. Jika nantinya selesai, akan kita temui motor dengan bahan bakar hidrogen yang tentunya punya emisi rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com