Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS 2024 Sediakan Area yang Lebih Luas Khusus Motor Listrik

Kompas.com - 20/01/2024, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 akan diramaikan dengan beragam merek motor listrik. Dyandra Promosindo selaku penyelenggara bahkan menyediakan area yang lebih luas dari tahun sebelumnya.

Rudi MF, Project Manager IIMS 2024, mengatakan, tahun lalu motor listrik ditempatkan pada Hall C2, di mana luasnya terbatas untuk mengakomodasi merek-merek motor listrik. Belum lagi ditambah dengan adanya indoor test ride.

Baca juga: VinFast Bakal Punya Area Test Drive Khusus di IIMS 2024

"Dari evaluasi tahun kemarin, kita putuskan untuk memperluas area. Makanya, kita gunakan Hall B3, itu kan hall baru di JIExpo. Atapnya luar biasa tinggi, nyaman, dingin," ujar Rudi, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik United E3 dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini kerjasama United e-motor dengan Hyundai Motors dari Korea Selatan.

"Kita juga bikin ruang untuk indoor test ride-nya lebih besar untuk mengakomodasi teman-teman brand yang cukup banyak," kata Rudi.

Tercatat ada 15 merek motor listrik yang akan berpartisipasi pada IIMS 2024, mulai Alva, Davigo, Gesits, Green Tech, Keeway EV, Pacific Bike, Polytron, Rakata, Selis, SMEV, United E-Motor, VMOVE, Volta, Yadea, hingga ZPT.

Baca juga: IIMS 2024 Digelar Sehari Setelah Pemilu, Disebut Bakal Lebih Ramai

"Kalau kita lihat, sekarang pembagiannya sudah cair. Motor-motor yang sebelumnya hanya ICE saja, tapi kan di booth-nya ada motor listrik. Jadi, rasanya kita padukan ini lebih pas," ujarnya.

Honda ADV 160 jadi pilihan motor yang diminati pengunjung IIMS 2023Dok. AHM Honda ADV 160 jadi pilihan motor yang diminati pengunjung IIMS 2023

Rudi mengatakan, hampir semua merek-merek roda dua yang ada di Hall C3 atau B3 itu memiliki jajaran motor listrik. Maka itu, kedua hall tersebut dipadukan khusus untuk sepeda motor.

"Ditambah fasilitas indoor EV test ride dan area outdoor-nya lebih dekat nanti yang buat konsumen," ujar Rudi.

Pengujung menyaksikan motor listrik United MX-1200 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). United MX-1200 ditenagai motor listrik 72V dengan top power 2200W, dengan baterai jenis Graphene berkapasitas 72V21,8 Ah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengujung menyaksikan motor listrik United MX-1200 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). United MX-1200 ditenagai motor listrik 72V dengan top power 2200W, dengan baterai jenis Graphene berkapasitas 72V21,8 Ah.

Untuk merek sepeda motor yang akan meramaikan IIMS 2024 tercatat ada 13 merek, yakni Benelli - Keeway, AHM, Italjet, Kawasaki, Peugeot, Piaggio, Vespa, Aprillia, Moto Guzzi, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, dan Yamaha.

Ada beberapa merek yang tahun lalu hadir, tapi absen di tahun ini, seperti Energica, Ion Mobility, Niu, Smartby, KTM, dan Husqvarna. Namun, Rudi menambahkan, untuk roda dua masih memungkinkan adanya penambahan ekshibitor, karena area yang disediakan sangat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com