Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Incar Mobil Listrik dan Hybrid, Shell Berencana Bikin Konsep SPBU Baru

Kompas.com - 18/01/2024, 14:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki 2024, demografi jenis kendaraan di Indonesia mulai beragam dan bervariasi. Tidak lagi sebatas mesin berbahan bakar minyak (BBM), tapi juga hybrid (HEV) bahkan listrik (BEV).

Populasi kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) di Indonesia juga semakin banyak, hal ini turut didukung pula oleh banyaknya APM yang melansir model-model terbaru untuk menggoda konsumen.

Bertambahnya jumlah kendaraan jenis baru ini membuka peluang bisnis bagi banyak pihak untuk menjangkau segmentasi konsumen baru, salah satunya perusahaan minyak dan gas.

Baca juga: Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen Baru Meluncur, Berubah Signifikan

Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik Shell, sudah mendukung fast charging DC CCS-2Kompas.com/Daafa Alhaqqy Stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik Shell, sudah mendukung fast charging DC CCS-2

Memanfaatkan fenomena baru ini, Shell Indonesia mengaku hendak menambah layanan di semua SPBU miliknya, serta menghadirkan konsep baru untuk menggaet konsumen.

Min Yhi Tan, Senior Vice President Mobility Shell Asia menjelaskan, Pihaknya berencana menambah layanan SPBU di Indonesia dan memperkenalkan konsep flagship.

Konsep flagship yang dimaksud adalah SPBU lengkap dengan bermacam layanan. Peruntukannya tidak lagi sebatas layanan bagi mobil konvensional saja, tapi juga mobil hybrid dan mobil listrik.

“Di Shell, kami bertujuan untuk menciptakan energi hijau dan terbarukan, dan kami juga berharap bisa menghadirkan mozaik solusi bagi semua konsumen,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: BYD Seal, Atto 3, dan Dolphin Resmi Meluncur

Mekanik bengkel Shell melakukan pemeriksaan kendaraan dan servis mobil rutinKompas.com/Daafa Alhaqqy Mekanik bengkel Shell melakukan pemeriksaan kendaraan dan servis mobil rutin

Min Yhi menjelaskan, dengan diterapkannya sebuah konsep SPBU flagship, segmentasi konsumen akan jauh lebih luas dan jangkauannya diprediksi bertambah.

“Kini kami tidak lagi hanya berfokus pada bensin atau diesel saja, tapi juga listrik atau kombinasi keduanya (hybrid). Inilah layanan yang akan kami fokuskan untuk selanjutnya,” ucapnya.

Upaya tersebut direalisasikan secara perdana oleh Shell lewat peresmian SPBU Flagship Dr. Soetomo Jakarta Selatan, Kamis (18/1/2024).

Baca juga: Shell Resmikan SPBU Flagship Pertama di Indonesia

Peresmian SPBU flagship perdana milik Shell di Jakarta SelatanKompas.com/Daafa Alhaqqy Peresmian SPBU flagship perdana milik Shell di Jakarta Selatan

SPBU ini menghadirkan cukup banyak layanan, mulai dari SPKLU khusus mobil listrik, bengkel servis mobil dan perawatan, minimarket, serta restoran.

“Kami optimistis jika konsep seperti SPBU ini akan bertambah, tentunya dengan mengikuti demand dari konsumen di Indonesia,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com