Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pilih Pelindung Sepatu yang Baik buat Musim Hujan

Kompas.com - 18/01/2024, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah tiba meski intesitasnya belum merata di sejumlah wilayah. Memasuki musim hujan pengendara motor mesti lebih siaga karena hujan terjadi kapan saja.

Praktisi Keselamatan Jalan Raya dan juga Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan, selain membawa jas hujan pengendara motor mesti membawa rain coat shoes atau pelindung sepatu.

Baca juga: BYD Seal, Atto 3, dan Dolphin Resmi Meluncur

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).
"Pelindung sepatu ini digunakan saat hujan. Sehingga pengendara motor jangan lagi pakai sandal jepit karena itu berbahaya. Jalan licin dan terjadi kecelakaan, sandal tak mampu melindungi kaki," ujar Jusri kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Namun kata Jusri dalam memilih rain pelindung sepatu jangan sembarangan. Di pasar kata dia, saat ini setidaknya ada dua tipe rain coat shoes, pertama yang memakai resleting dan kedua pakai model kancing.

Jusri menilai model resleting lebih mampu melindungi sepatu dari hujan dan becekan atau genangan air yang tidak terlalu tinggi.

Baca juga: Modal Rp 2,5 Juta Ubah Lampu Innova Reborn Lebih Terang pakai Biled

Jas Hujan Foto: Motorplusonline Jas Hujan

"Saya sering naik motor karena lebih mudah. Saya pakai model resleting itu buat hujan-hujanan cukup. Buat sedikit becek lumpu juga bisa," ujarnya.

Berbeda dengan model kancing yang sedikit menyisakan ruang. Ruang itu bisa jadi tempat masuknya air jika tidak tertutup rapat.

"Tapi kalau mau lebih enak lagi kita kasih water repellent. Tidak mahal kok bisa banyak yang jual. Itu efeknya seperti daun talas," kata Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com