Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen Baru Meluncur, Berubah Signifikan

Kompas.com - 18/01/2024, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Husqvarna yang juga bagian dari KTM memperbarui model Svartpilen dan Vitpilen. Motor yang meluncur sejak 2018 ini dapat ubahan yang signifikan, dari bodi, mesin, rangka, dan masih banyak lagi.

Dikutip dari Motorcyclenews, Svartpilen dan Vitpilen dapat sasis trelis baru yang sebelumnya digunakan pada KTM Duke 2023. Nantinya kedua model ini juga akan diproduksi di India seperti motor KTM grup lainnya.

Ubahan lainnya adalah kedua motor sekarang dibuat lebih ramah buat dipakai harian. Tinggi jok dibuat lebih rendah dan posisi berkendara yang lebih rileks, terutama buat Vitpilen yang sudah tidak lagi underyoke,tapi pakai setang fat bar biasa.

Baca juga: Husqvarna Menyiapkan Vitpilen 901, Pakai Mesin Baru Lebih Bertenaga

Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen terbaruMOTORCYCLENEWS Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen terbaru

Product Manager Husqvarna Agustin Augustinoy bilang, banyak yang kurang suka dengan posisi berkendara yang agresif. 

"Motornya benar-benar menyenangkan (model lama) cuma menyakitkan kalau dipakai sehari-hari. Makanya kita juga mengubah wheel hugger belakang dan tempat pelat nomor, semuanya sesuai tanggapan konsumen," ucapnya dikutip Kompas.com, Kamis (18/1/2024).

Soal mesin, buat seri 401 akan menghasilkan tenaga sekitar 44 TK. Sebenarnya masih banyak yang menunggu kehadiran varian 701, cuma tenang saja, Husqvarna sepertinya sedang menyiapkan 901, pasti lebih bertenaga dengan mesin dua silinder segaris.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Buatan Indonesia Diekspor ke Jepang Sejak 2008

Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen terbaruMOTORCYCLENEWS Husqvarna Svartpilen dan Vitpilen terbaru

Pada bagian kaki-kaki tepatnya suspensi, bagian belakang pakai WP Apex yang membuat tinggi jok turun dari 835mm ke 820mm. Sedangkan bagian dipasang WP Apex upside down berukuran 43mm.

Wheel base atau jarak sumbu roda juga makin panjang, menambah kestabilan motor. Lalu soal rangka dan swing arm diganti biar tambah nyaman dan membuat kedua motor bisa diandalkan untuk perjalanan jauh.

Mengingat redaksi pernah mengetes Svartpilen 250 dan dipakai dalam perjalanan cukup jauh, rasanya cukup pegal. Jadi perubahan di kedua motor ini memang mengikuti permintaan dari konsumen.

Secara bodi memang susah berubah, tapi Husqvarna tetap memperhankan gaya desain. Misal bodi yang mengotak dan banyak sudut-sudut, bisa dilihat di bagian tangkinya yang unik.

Ubahan lain ada di instrument cluster, sudah tidak lagi bulat, tapi sekarang sudah TFT dan bentuknya kotak. Tersedia juga tiga tingkatan traction control serta speed limiter, mode berkendara rain dan street, serta supermoto yang mematikan ABS belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com