Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Berkendara Toyota Hilux GR Sport

Kompas.com - 17/01/2024, 17:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membahas bagian desain pada mobil yang diluncurkan secara resmi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 ini, redaksi Kompas.com akan mengulis impresi bekendaranya.

Dalam kesempatan tersebut, Toyota Hilux GR Sport dibawa ke beberapa ruas yang menggambarkan secara umum ketika mobil ini dipakai sehari-hari, yaitu jalur perkotaan dan pedesaan.

Sesaat menginjak pedal gas-nya, torsi yang besar langsung mendorong mobil untuk bergerak. Tidak heran, melalui mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4-silinder ini, Hilux GR Sport memiliki tenaga 204 tk dan tori 51 kgm.

Baca juga: Makin Banyak Motor Lawan Arah, Kepolisian Harus Turun Tangan

Toyota Hilux GR SportKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Toyota Hilux GR Sport

Selayaknya kendaraan bermesin diesel, di kecepatan rendah pengemudi dan penumpang akan merasakan getaran dan suara mesin yang jelas. Namun dalam kasus mobil ini, tidak begitu mengganggu.

Pasalnya hanya dalam waktu singkat, mobil bisa langsung masuk ke putaran menengah. Hal tersebut berkat distribusi tenaga yang optimal ke seluruh roda via transmisi otomatis 6-speed dengan sequential shift dan paddle shift.

Memasuki jalur perkotaan, tidak tampak rasa aneh untuk duduk di kursi pengemudi Hilux GR Sport. Rasanya normal saja seperti mengendarai mobil keluarga tapi sedikit tinggi (posisinya).

Kemudian perubahan suspensi yang kini memakai Mono-Tube tipe shock absorber juga membuat bantingan dan stabilitas kemudi dari mobil ini serasa mobil kota pada umumnya, bukan double cabin.

Baca juga: Toyota Recall Avanza, Veloz, dan Raize, Bagaimana di Indonesia?

Dengan Ground Clearance Yang Tinggi, Toyota Hilux GR Sport Menerabas Sungai Dengan MudahKompas.com/Adityo Wisnu Dengan Ground Clearance Yang Tinggi, Toyota Hilux GR Sport Menerabas Sungai Dengan Mudah

Redaksi pun lantas mencoba memacu Hilux GR Sport ke daya puncak-nya dengan membejek pedal gas. Sontak, mesinnya langsung memberi respons positif sehingga akselerasi 0-100 kpj hanya 11 detik.

Pada sistem pengeremannya, Toyota menyematkan GR Brake dengan GR Red Color Paint with GR Brand Mark. Serta diimbangi dengan rigiditas pedal yang bisa memberikan sport-brake feeling sehingga penghentian laju bisa halus namun pakem.

Perasaan serupa juga ketika mobil harus menempuh jalanan tidak rata di kawasan pedesaan. Tetapi dalam kesempatan ini, guncangan sangatlah terasa walau stabilitas pengendaraan masih cenderung stabil.

Baca juga: Impresi Eksterior Toyota Hilux GR Sport, Kental Nuansa Gagah

Sayangnya, apabila pengemudi tidak biasa membawa mobil besar maka perjalanan cukup jauh akan sangat membebani lengan. Sebab bodi dan ban yang besar, membuat pergerakan setir lebih berat.

Secara keseluruhan, Hilux GR Sport merupakan double cabin yang cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Tidak perlu penyesuaian berlebih untuk bisa mengemudikannya, hanya saja setirnya cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com