Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Mengganti Karpet Mobil, Kenali Dulu Jenis Apa yang Cocok

Kompas.com - 16/01/2024, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet mobil memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan dan menambah kenyamanan dalam mobil. Tak hanya itu, karpet tambahan pada kabin juga membuat nilai jual mobil semakin tinggi karena kondisi mobil terjaga kebersihannya.

Ada beberapa jenis karpet mobil yang menawarkan berbagai keunggulan. Seperti yang diniagakan oleh toko aksesori mobil Bali Interior di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Karpet saat ini bermacam-macam jenisnya, ada rumput, 5D, 7D. Modelnya juga beragam, ada karpet mie, bihun, dan lain-lain,” ucap Pemilik Bali Interior, Robby Tri Prayogo, saat ditemui Kompas.com di Mega Glodok Kemayoran, belum lama ini.

Baca juga: Kenali Penyebab Bunyi Jedug pada Transmisi Mobil Matik

Menurut Robby, jenis karpet yang paling disarankan adalah 7D. model 7D memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan karpet 5D.

Salah satu jenis karpet mobil yang sudah dijual dengan harga diskon pada penyelenggaraan IIMS 2018, Jumat (27/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu jenis karpet mobil yang sudah dijual dengan harga diskon pada penyelenggaraan IIMS 2018, Jumat (27/4/2018).

“Perbedaannya, 5D tanpa coil, cuma 1 layer atau hanya mangkoknya saja. Sedangkan kalau 7D ada dua layer, atasnya ada karpet bihun, dan sudah ada mangkok. Untuk 7D juga sudah sudah ada kancing atau pengait, sehingga karpet tidak bakal goyang atau berpindah, jadi lebih aman,” kata Robby.

Ketika memilih karpet disarankan menggunakan karpet custom fit yang dibuat khusus untuk tipe mobil tersebut, agar hasilnya sesuai dengan bentuk lantai mobil.

Sehingga aman digunakan dan menghindari potensi kasus karpet tersangkut di pedal gas.

Karpet mobilKompas.com/Nanda Karpet mobil

Adapun untuk karpet custom, dijual sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta untuk tipe paling mahal.

Baca juga: Banyak Aktivitas Baru di IIMS 2024, Harga Tiket mulai Rp 50.000

Namun, bagi Anda yang memiliki dana terbatas bisa menggunakan karpet aftermarket universal. Karpet ini dijual lebih murah sebab menyediakan ukuran umum untuk semua mobil.

“Kalau universal dijual mulai Rp 300.000 sampai Rp 350.000,” ucap Robby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com