Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Desain Mitsubishi XForce yang Futuristis

Kompas.com - 16/01/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) makin gemuk, karena itu tak sedikit pabrikan mobil yang terus menambah varian SUV untuk menggaet konsumen Indonesia.

Salah satu yang ikut menjejalkan SUV baru ialah Mitsubishi. Pabrikan Jepang tersebut terjun di kelas SUV ringkas dengan meluncurkan Mitsubishi XForce di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Baca juga: Kenali Penyebab Bunyi Jedug pada Transmisi Mobil Matik

XForce sendiri merupakan versi produksi dari The New SUV yang sebelumnya sudah diperkenalkan oleh Mitsubishi sejak Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dan resmi meluncur di GIIAS 2023.

 

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Sejak meluncur pada Agustus 2023, redaksi sebetulnya sudah beberapa kali mencoba XForce termasuk rute luar kota. Namun baru kali ini mendapat kesempatan untuk kencan lebih intim selama beberapa hari.

Soal eksterior, mobil bergaya crossover ini memiliki desain yang futuristis, modern, dan tangguh. Mitsubishi menggunakan bahasa desain Dynamic Shield yang juga dipakai oleh model lain.

Dari depan bentuk kap besar membuat tampilannya lebih kekar. Bahasa desain Dynamic Shield ini terdiri dari bumper kiri dan kanan yang melindungi gril depan.

Desain lampu depan LED dirancang seperti bentuk L yang bila dikolaborasi dengan DRL. Beralih ke samping tampilannya cukup tinggi. Proporsi bodi dan kaca terlihat pas dan tidak berlebihan.

Baca juga: Daftar Musisi yang Tampil di IIMS 2024, Ada Dewa 19 dan Andre Taulany

 

Mitsubishi XForceFoto: KOMPAS.com/Sandy Mitsubishi XForce

Salah satu yang membuat tampilan XForce lebih padat yaitu di bagian kaki-kaki, XForce menggunakan pelek berukuran 18 inci dan ban berdiameter besar yang cocok untuk segala medan jalan.

Bagian bawah bodi mengadopsi proporsi SUV yang kokoh, hal ini terlihat dari sepatbor berotot dengan ground clearance 222 mm yang terbilang cukup tinggi untuk kelas SUV ringkas.

Kemudian di buritan desainnya padat, sehingga terkesan gagah dan tangguh, bisa dilihat di bagian bumper tampak tebal, dipadukan dengan stoplamp berbentuk T-shape yang serupa dengan bagian depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com