Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sasar Konsumen Milenial, Ini Keunggulan Wuling Alvez

Kompas.com - 15/01/2024, 18:59 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun kedua sejak pertama kali pertama peluncurannya, Wuling Alvez sukses jadi opsi menarik bagi konsumen yang mengincar mobil di segmen SUV B atau SUV ringkas.

Pertama kali meluncur pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Februari 2023 lalu, Wuling Alvez menggoda konsumen lewat beberapa keunggulan, mulai dari desain, performa, serta harga.

Mengulik segi desain, Wuling membekali Alvez dengan tampilan elegan tapi mengedepankan aspek sporty. Hal ini nampak jelas dari tampilan fasia dan head lamp yang cukup agresif dengan grill bermotif heksagonal.

Baca juga: Ini Biaya Kepemilikan Wuling Alvez Selama 5 Tahun

Wuling Alvez KOMPAS.com/Gilang Wuling Alvez

 

Tampilan tersebut juga cukup fungsional, contohnya adalah bagian Headlamp yang sudah dibekali adjustable LED projector, LED rear lamp, shark fin antenna, serta Rear spoiler HSML.

Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors menjelaskan, target utama dari Alvez memang golongan muda seperti remaja atau konsumen era milenial.

“Memang kita lihat anak muda kebutuhan dalam mobilitas atau bekendara semakin dinamis. Inginnya produk bukan cuma desain bagus tapi fitur juga unggul karena mereka sudah digital, dan kita berusaha menjawab kebutuhan tersebut,” ucap dian dalam keterangannya.

Baca juga: Hasil Tes Konsumsi BBM Wuling Alvez

Wuling Alvez KOMPAS.com/Gilang Wuling Alvez

Berlanjut ke segi performa, Wuling Alvez mengusung mesin 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC.

Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan 105 tk di 5.800 rpm dan torsi 143 Nm pada 4.000 rpm sampai 4.600 rpm.

Berdasarkan pengujian dan tes berkendara yang telah dilakukan redaksi Kompas.com, Alvez mencatatkan konsumsi BBM sebesar 9,1 kilometer per-liter untuk penggunaan dalam kota dengan mayoritas jalan macet.

Baca juga: Seberapa Responsif Performa Wuling Alvez?

Wuling AlvezKOMPAS.com/Gilang Wuling Alvez

Poin terakhir yang juga menjadi faktor penentu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah harga. Wuling menjawab hal ini dengan memberikan banderol mulai dari Rp 209 juta.

Dian menjelaskan, banderol harga tersebut bisa dianggap sebagai salah satu inovasi yang ditujukan untuk lebih mempermudah konsumen.

"Kita tidak bicara merusak harga pasaran (compact SUV), tapi kita membuat inovasi yang lebih dan selalu memberikan yang terbaik untuk menjawab mobilitas saat ini," kata dia.

Baca juga: Sensasi di Balik Kemudi Wuling Alvez untuk Harian


Harga jual kembali atau resale value dari Wuling Alvez juga diklaim cukup stabil, dengan tingkat depresiasi rendah di bawah Rp 50 juta setelah satu tahun pemakaian.

Untuk diketahui, ada tiga varian Wuling Alvez yang dipasarkan di Indonesia, berikut rinciannya :

Wuling Alvez

  • Wuling Alvez SE : Rp 209 juta
  • Wuling Alvez CE : Rp 255 juta
  • Wuling Alvez EX : Rp 295 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com