Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga BinguoEV di Malang Turun, Wuling Terima Ratusan Pesanan

Kompas.com - 14/01/2024, 09:03 WIB
Nugraha Perdana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Antusias masyarakat di Kota Malang, Jawa Timur terhadap mobil listrik diprediksi meningkat. Kondisi ini terlihat pada pameran produk mobil listrik terbaru dari Wuling yakni Binguo EV di Mall Olympic Garden (MOG) pada Sabtu (13/1/2024).

Direktur Wuling Jatim Perdana, Yudi Irawan Wijaya mengatakan, pihaknya telah menerima pemesanan Binguo EV sejumlah 100 unit dari Malang. Dari jumlah tersebut, sudah ada sekitar 10 pembeli yang telah terima kunci.

"Di Jakarta ada sekitar 3.000 SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), dari pabrik berusaha meningkatkan kapasitas produksi, sehingga tidak bisa seketika (atau menunggu beberapa waktu untuk penyediaan produk yang dipesan), ini kita di luar dugaan," kata Yudi pada Sabtu (13/1/2024).

Wuling BinguoEV hadirkan layanan purnajual lengkap.KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Wuling BinguoEV hadirkan layanan purnajual lengkap.

Dia optimis penjualan Binguo EV di Malang terus meningkat, seiring adanya rencana pemberian insentif PPN 10 persen dari pemerintah. Dikatakannya, meski belum pasti, Wuling telah berani menerapkan kebijakan tersebut.

"Tetapi per hari ini (Sabtu, 13/1/2024) dari Wuling memutuskan bahwa kapanpun pemerintah mengeluarkan itu, Wuling kasih dulu (subsidi), jadi harga turun," katanya.

Baca juga: Wuling Rilis Binguo EV Long Range AC, Harga Rp 317 Jutaan

Sehingga perlu diketahui, untuk harga Binguo EV tipe 410 KM Premium Range - AC/ DC sebelumnya Rp 415 juta, menjadi Rp 379 juta. Kemudian, untuk BinguoEV tipe 333 KM Long Range - AC/ DC yang sebelumnya Rp 365 juta, menjadi Rp 333 juta.

Terakhir, Binguo EV tipe 333 KM Long Range - AC yang sebelumnya Rp 355 juta, menjadi Rp 324 juta.

"Subsidinya 10 persen dari nilai PPN, bukan dari harga mobil. Jadi yang tipe tertinggi itu subsidi sekitar Rp 36 juta, yang tipe 333 subsidinya Rp 32 juta," katanya.

Yudi menyampaikan, mobil listrik keluaran Wuling bisa diisi ulang daya di rumah dengan minimal kekuatan listrik 2.200 VA. Kemudian, pembeli juga mendapat garansi baterai seumur hidup.

"Kita ingin membuktikan, karena adanya berbagai isu yang katanya meledak, korslet, kita ingin buktikan, kita saja berani memberikan garansi seumur hidup, sehingga konsumen mobil listrik di Indonesia sudah tidak ada keraguan lagi," katanya.

Binguo EV memiliki perbedaan dengan produk mobil listrik Wuling keluaran pertama yakni Air EV. Jika Air EV memiliki keunggulan sebagai city car, maka BinguoEV yang memiliki empat pintu ini bisa digunakan untuk jarak jauh.

"Binguo EV ini empat pintu, kemudian Air Ev jangkauannya 200 kilometer - 300 kilometer untuk dalam kota, (Binguo EV) ini kan 333 - 410, artinya kalau mau jarak jauh antar kota ini cocok sekali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com