Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Mobil Pelat Dinas Polisi Kecelakaan Hingga Terbalik

Kompas.com - 13/01/2024, 17:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, video viral di media sosial yang memperlihatkan mobil dengan pelat dinas polisi mengalami kecelakaan tunggal. Kecelakaannya cukup parah hingga membuat posisi mobil terbalik.

Diunggah oleh akun Instagram @jakartaselatan24jam, dalam video tersebut terlihat Toyota Fortuner berwarna hitam sedang dalam posisi terbalik. Pada bagian knalpot juga keluar asap tebal berwarna putih.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Veloz karena Aquaplaning, Jangan Ngebut Saat Hujan

"Video amatir warga yang merekam detik-detik pasca mobil diduga berplat dinas Polri alami laka tunggal hingga posisi terbalik di Jl Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jaksel pada Sabtu (6/1) pagi sekitar pukul 02.30 WIB. Hingga kini belum ada informasi terkait detail kronologis kejadian," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKSEL 24 JAM (@jakartaselatan24jam)

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, setiap kendaraan yang mengalami kecelakaan dan terbalik biasanya pengemudi terdiam sesaat akibat kaget, panik, dan itu membuat dia tidak tahu apa yang harus dilakukan.

"Pasca kecelakaan, yang pertama harus dilakukan pengemudi adalah mengevakuasi seluruh penumpang menjauh dari kendaraan. Berikutnya, memastikan pengemudi dan penumpang tidak mengalami cedera parah," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Video Viral Kecelakaan Veloz sampai Terbelah Dua, Ingat Bahaya Aquaplaning

Video viral, mobil dengan pelat dinas polisi mengalami kecelakaan tunggal hingga terbalikDok. Wahyu Adityo Video viral, mobil dengan pelat dinas polisi mengalami kecelakaan tunggal hingga terbalik

Setelah itu, Sony menambahkan, pengemudi atau penumpang harus menjaga atau memastikan kendaraan tidak menimbulkan api dan berimbas kebakaran dengan cara menyiapkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mengamankan area.

"Langkah terakhir, hubungi pihak petugas untuk meminta pertolongan. Langkah-langkah tersebut memang tidak selalu sama, karena tergantung tingkat keparahan akibat kecelakaan. Tapi, penyelamatan terhadap penumpang tetap nomor satu," kata Sony, duta merek GT Radial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com