Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Sebut Kualitas BYD Tidak Kalah dari Tesla

Kompas.com - 13/01/2024, 17:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan memastikan raksasa mobil listrik asal China, BYD akan masuk ke Indonesia pada pekan depan, Kamis, 18 Januari 2024.

Kehadirannya ini akan membawa Indonesia ke era baru, yaitu penggunaan kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Sebab produk mobil listrik di pasar dalam negeri bakal semakin banyak pilihan.

"BYD pada tanggal 18 ini mau launching dan itu akan bawa era baru bagi Indonesia," ujar Luhut dalam keterangan video di akun Instagramnya, @luhut.pandjaitan, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Salah Kaprah, Kurangi Tekanan Udara Ban Saat Musim Hujan Bisa Fatal


Salah satu model yang dipercaya bakal hadir di Indonesia ialah BYD Seal yaitu mobil listrik bergaya sedan sport. Foto: BYD Salah satu model yang dipercaya bakal hadir di Indonesia ialah BYD Seal yaitu mobil listrik bergaya sedan sport.

Ia juga mengatakan kualitas dari mobil BYD pun tidak diragukan. Mengingat perusahaan sudah mengalahkan Tesla sebagai pabrikan mobil listrik terlaris di dunia sepanjang 2023.

"Ya saya kira dengan BYD masuk, dia kan sekarang sudah melampaui Tesla sales-nya, kualitasnya pun tidak kalah sama Tesla," ujarnya.

"Tentunya kesempatan ini juga saya pergunakan untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik di Indonesia," lanjut Luhut.

Dalam kesempatan sama, ia juga bicara soal permasalahan polusi di Jakarta. Ada dua yang mau didorong pemerintah, yaitu penggunaan kendaraan listrik dan penerapan Euro 4 dan Euro 5.

Sehingga dampak polusi dari kendaraan bermotor dapat ditekan secara optimal.

Baca juga: Ini Onderdil Motor Honda Paling Dicari di Jakarta-Tangerang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

"Kita juga akan memutuskan untuk menggunakan EURO 4 dan EURO 5, supaya sulfurnya rendah. Itu juga akan kurangi polusi," ujar Luhut.

Kabar kehadiran BYD ke Indonesia sebelumnya terungap dari undangan yang masuk ke dapur redaksi Kompas.com, di mana perusahaan mengumumkan akan melakukan pengenalan merek dan peluncuran produk.

Undangan resmi ini bertajuk "Konferensi Pers Brand & Product Launching Ceremony", yang dikirimkan pada Selasa (9/1/2023).

Agenda tersebut rencananya akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto, berserta jajaran direksi BYD Group.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com