Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Jok Kulit Toyota Avanza, Harga mulai Rp 3,3 Juta

Kompas.com - 08/01/2024, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Avanza masih menjadi Low MPV terlaris di Indonesia sampai dengan November 2023. Tercatat pada sepanjang tahun lalu, Avanza meraih penjualan 56.442 unit, atau menjadi mobil paling banyak terjual nomor tiga setelah Honda Brio (58.860 unit) dan Daihatsu Sigra (57.139 unit).

Banyaknya Avanza yang beredar di jalan, tentunya membuat konsumen ingin mengubah tampilan mobilnya agar sedikit berbeda dengan yang lain.

Bagi konsumen yang ingin mengubah tampilan interior, bisa mengganti bahan pelapis jok dengan kulit sintetis yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau.

Baca juga: Pengendara Pajero Sport yang Ditabrak Bus Haryanto Pilih Jalur Hukum

Ilustrasi jok kulit mobilInstagram @ihsanjokleatherseat Ilustrasi jok kulit mobil

Ihsan, pemilik Al Ihsan Auto Interior Leather di Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, mengatakan, biaya mengganti jok Avanza dengan bahan kulit sintetis kisaran Rp 3,3 juta sampai Rp 4,8 juta.

Ihsan mengatakan, bahan kulit sintetis pilihannya bisa pakai Celazio atau Navaro Mazesta yang paling murah.

Sementara itu, buat konsumen yang ingin kualitas jok lebih baik bisa memilih bahan kulit microfiber yang harganya mulai Rp 6,5 juta sampai Rp 7,5 juta. Sedangkan untuk pemasangan bahan kulit asli buat Avanza berada di kisaran Rp 15 juta.

Baca juga: Viral Penumpang Bus PO Sinar Jaya Diturunkan Tidak Sesuai Tujuan di Tiket

“Pemasangan sekitar 5 jam, tapi harus booking dulu, jadi dijadwalkan, dan berurutan,” ujar Ihsan, kepada Kompas.com (8/1/2024).

“Jadi misalkan konsumen mau buat Avanza, kan polanya sudah ada, jadi kami jahit dulu. Pas hari H kita janjian, tinggal pasang, pengerjaannya 5 jam,” kata dia.

Ihsan menambahkan, saat ini Avanza jadi salah satu mobil yang paling banyak melakukan penggantian bahan jok.

“Saat ini mayoritas Avanza, kalau bahan kulit yang banyak dipilih bahan kulit sintetis dan kulit microfiber,” ucap Ihsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com