Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Musim Hujan, Hindari Parkir Menggunakan Rem Tangan

Kompas.com - 08/01/2024, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KALTEN, KOMPAS.com - Rem tangan berfungsi sebagai penahan roda mobil agar tidak berputar saat parkir. Sehingga, pengemudi tidak perlu khawatir mobil bergeser saat ditinggalkan.

Namun, saat memasuki musim hujan penggunaan rem tangan perlu ditinggalkan pasalnya ada peluang rem parkir mengalami masalah.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan, perlu penyesuaian dalam mengoperasikan mobil saat musim hujan, khususnya dalam mengoperasikan rem tangan.

Baca juga: Cara Menarik Rem Tangan yang Benar, Jangan Dipencet!

Ilustrasi berkendara saat musim hujan di jalan tolKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi berkendara saat musim hujan di jalan tol

“Bila rem tangan digunakan untuk parkir saat musim hujan ada peluang rem mengalami macet, hal ini disebabkan saat rem basah akan membuat kampas dengan tromol bereaksi, menyebabkan korosi,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Hasan mengatakan, rem tangan akan macet begitu kampas rem mengering. Misal mobil parkir sore maka paginya bisa saja sudah macet.

Korosi antara kampas rem dan tromol lah yang menyebabkan rem lengket sehingga ketika tuas rem tangan sudah release roda tetap tidak mau berputar menurut Hasan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Menarik Rem Tangan Tidak Boleh sampai Bunyi?

Rem parkir model tarikan milik Datsun Go+Tangkapan layar Rem parkir model tarikan milik Datsun Go+

“Maka dari itu, saya menyarankan agar pengemudi mobil tidak mengaktifkan rem tangan saat parkir di musim hujan, gantinya bisa mengganjal roda dengan balok, dengan catatan permukaannya tidak miring,” ucap Hasan.

Menurut Hasan, menahan roda agar tidak berputar cukup aman menggunakan balok di kedua sisi roda kanan-kiri, dan depan-belakang sehingga tidak ada peluang mobil bisa bergeser.

Bila sampai rem parkir macet maka mobil menjadi tidak bisa digunakan kecuali dilakukan pembongkaran rem di tempat oleh ahlinya atau di-towing ke bengkel.

Baca juga: Saat Mobil Matik Parkir, Tuas Transmisi Langsung ke P atau Rem Tangan Dulu?


“Melepas roda pada rem mobil yang macet tentu lebih sulit. Maka dari itu, daripada memperbaiki, lebih baik mencegah risikonya untuk tidak mengaktifkan rem tangan saat parkir, khususnya saat musim hujan,” ucap Hasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com