Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil Berhenti di Lampu Merah, Aman Pakai Rem Kaki atau Rem Tangan?

Kompas.com - 10/11/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berhenti di lampu merah, pengemudi mobil harus menghentikan kendaraan dengan menginjak rem atau menggunakan rem tangan untuk mencegah mobil melaju.

Kedua cara tersebut sering dilakukan oleh para pengemudi, meski begitu dua teknik tersebut memiliki tingkat keamanan yang berbeda.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, saat berhenti di lampu merah pengemudi sebaiknya menggunakan fitur parking brake atau menggunakan rem tangan.

Baca juga: Begini Cara Sopir Truk Menghemat Konsumsi BBM

Electronic Parking Brake (EPB)Kompas.com/Donny Electronic Parking Brake (EPB)

“Saat berhenti di lampu merah sebaiknya menggunakan parking brake atau hand brake, karena jauh lebih aman,” ungkap Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, cara ini lebih aman karena saat berhenti di lampu merah pengemudi bisa saja terdistraksi dengan hal lain, sehingga membuat tidak fokus atau kurang konsentrasi. Bahkan bisa membuat pengemudi secara tidak sadar melepas kaki dari pedal rem.

“Saat berhenti di lampu merah ada kemungkinan kita terdistraksi dan tanpa sadar melepas pedal rem,” ungkapnya.

Baca juga: Intip Fasilitas Bus Mewah Bus Tingkat PO Safari Dharma Raya

Pedal rem dan pedal gas Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy

Apabila tanpa sadar melepas pedal rem, kecelakaan lalu lintas bisa terjadi. Terlebih jika pengemudi melakukan aktivitas lain saat menunggu lampu merah mati, seperti bermain gawai, menelpon dan yang lainnya yang bisa mengurangi konsentrasi.

“Banyak kejadian pengemudi terdistraksi karena main handphone saat lampu merah, sehingga tidak sadar kalau sudah hijau,” ungkap Marcell.

Perlu diperhatikan, ketika berhenti di lampu merah, pengemudi harus tetap berkonsentrasi penuh. Meskipun sudah menggunakan parking brake bukan berarti pengemudi bisa bebas melakukan aktivitas lainnya.

“Pengemudi juga harus waspada terhadap kondisi di sekitar, jangan melakukan kegiatan lain selama lampu merah. Sehingga, jika lampu sudah hijau bisa langsung berjalan,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com