Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Tolak Permintaan Toyota Buat Kembaran Mobil Jimny

Kompas.com - 05/01/2024, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki sudah berkolaborasi dengan Toyota dan menghasilkan berbagai model konsep saling rebadge. Sebut saja Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Brezza, kemudian ada Hyryder dan Grand Vitara, serta Innova Zenix dan Invicto.

Kedua merek otomotif tersebut mempraktikkan kolaborasi mobil kembar lantaran sudah terbukti saling menguntungkan, dalam hal meningkatkan skala ekonomi dan memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan di berbagai titik harga dengan investasi yang jauh lebih rendah.

Kendati demikian, baru-baru ini Suzuki dikabarkan menolak kerja sama Toyota yang ingin membuat kembaran dari mobil Jimny.

Baca juga: Video 2 Mobil Penyok Kejar-kejaran di Tol, Ternyata Ditabrak Truk

Bagi Toyota, memiliki Jimny dalam jajaran produknya akan memberikan alternatif 4x4 yang lebih murah bagi pelanggan mereka daripada Fortuner dan Hilux. Sementara untuk Suzuki, kerja sama itu berpotensi bisa menaikan penjualan Jimny secara signifikan.

Test Drive Suzuki JimnyKompas.com/Dio Test Drive Suzuki Jimny

Namun, permintaan tersebut ditolak oleh Suzuki dengan sopan. Menurut pabrikan otomotif berlambang S itu, Jimny merupakan model utama dari Suzuki yang begitu ikonik dan sudah begitu dikenal di masyarakat.

"Ini seperti meminta Toyota untuk mengizinkan kami merekayasa Land Cruiser. Model yang merupakan jantung dari merek kami. Tidak dimaksudkan untuk berbagi (Jimny) dan kedua perusahaan menghormati hal itu,” ucap salah satu petinggi Suzuki, dikutip dari Autoindustriya, Kamis (4/1/2023).

Baca juga: Daftar Motor Sport 250 cc per Januari 2024, Harga mulai Rp 36 Jutaan

Toyota pun memahami penolakan tersebut. Rencananya perusahaan otomotif raksasa asal Jepang itu akan mengembangkan sendiri SUV ringkas 4x4 yang disebut Mini Land Cruiser. Belum ada informasi lebih detail terkait model tersebut, jadi mari kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com