Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Nissan R32 GT-R Tampil Gagah Bergaya Off Road

Kompas.com - 04/01/2024, 18:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan R32 GT-R merupakan salah satu sedan sport yang legendaris. Unit bekasnya pun cukup banyak diminati oleh konsumen otomotif untuk di modifikasi.

Dikutip dari Carscoops, Kamis (4/1/2023), salah satu akun YouTuber bernama Adam LZ memodifikasi Nissan R32 GT-R dengan gaya off road. Sang YouTuber menjulukinya dengan nama ‘Safari GRT’.

Sorotan utama dari Safari GTR adalah peningkatan ground clearance yang signifikan dibandingkan dengan R32 standar. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh suspensi long travel khusus yang lebih tangguh dalam meredam benturan.

Baca juga: Disebut Tak Boleh Razia, Apa Saja Kewenangan Petugas Dishub?

Balutan warna Supergloss Olive Green membuat R32 terlihat segar, dengan penutup lumpur WRX yang menambah kharisma spesifikasi reli. Bagian depan disematkan bash bar khusus dengan LED tambahan untuk menunjang petualang.

Sedan asal Jepang ini menggunakan ban Nitto Nomad Grappler dengan profil 215/65 yang membungkus pelek 17 inci, untuk meningkatkan traksi di permukaan yang licin dan membuat R32 lebih nyaman saat berkendara di jalur eksterem.

Nissan R32 GT-RDoc Carscoops Nissan R32 GT-R

Pada bagian atap, Adam LZ menyematkan rak atap bermerek Nismo dengan lampu yang sudah terintegrasi. Sementara bagian bodywork lainnya sebagian besar tidak berubah.

Yang tak kalah penting, powertrain RB26 telah ditingkatkan dengan turbocharger Garrett GTX3576 Gen 2, ECU yang telah diubah oleh Monster Performance, intercooler PWR, dan lebih banyak suku cadang, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 500 hp.

Baca juga: Belajar dari Kasus Mobil Tabrak Polisi di Klaten, Jangan Main Ponsel Saat Mengemudi

Selain itu, sistem 4WD dapat dipilih oleh pengendara. Sehingga saat tidak dibutuhkan pengemudi bisa mengembalikan sistem RWD.

Secara keseluruhan, modifikasi mobil sedan Nissan R32 ini membuat pengendara bisa melintasi jalan ekstrem tanpa perlu khawatir akan konsekuensinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com