Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamax Turun, Segini Biaya Isi Bensin Full Tank Rush dan Stargazer X

Kompas.com - 02/01/2024, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun baru 2024 harga bahan bakar minyak (BBM) non subsisi Pertamina turun harga. Pertamax yang tadinya dibanderol Rp 13.350 per liter turun menjadi Rp 12.950 per liter.

Penurunan harga ini bakal berdampak pada para pengguna Pertamax. Sebab biaya isi bensin dengan nilai oktan RON 92 itu jadi lebih murah, meski sebetulnya penurunannya tidak banyak hanya Rp 400 per liter.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Butuh Spooring dan Balancing Setelah Dipakai Liburan?

Ground clearance yang tinggi pada Xpander Cross dapat mengurangi kekhawatiran pengemudi di tipe jalanan off-road ringan. Pemilihan profil ban tebal juga mampu memberikan efek redaman yang baik saat terpaksa melintas di jalan rusak atau berlubang. KOMPAS.com/Gilang Ground clearance yang tinggi pada Xpander Cross dapat mengurangi kekhawatiran pengemudi di tipe jalanan off-road ringan. Pemilihan profil ban tebal juga mampu memberikan efek redaman yang baik saat terpaksa melintas di jalan rusak atau berlubang.

Redaksi Kompas.com, menghitung berapa uang yang dibutuhkan untuk mengisi bensin penuh di beberapa mobil, contoh yang diambil ialah mobil-mobil di segmen Low SUV tiga baris, yaitu Toyota Rush/Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7 dan Hyundai Stargazer X.

Menurut data, kapasitas tangki bensin Rush, Terios, Xpander dan XL7 sama yaitu 45 liter.

Artinya buat pemilik empat mobil tersebut yang tadinya harus mengeluarkan kocek sebesar Rp 600.750 untuk isi tangki penuh menggunakan Pertamax kini jadi lebih murah menjadi Rp 582.750.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Butuh Spooring dan Balancing Setelah Dipakai Liburan?

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Sedangkan biaya isi bensin full tank Stargazer yang paling murah sebab kapasitas tangki mobil pengembangan dari Stargazer versi LowMPV ini lebih kecil dibanding LSUV lainnya yaitu 40 liter.

Sebelum Pertamax harga turun pemilik Stargazer X harus merogoh kocek Rp 534.000, maka saat ini per Januari 2024 cukup merogoh Rp 518.000 untuk isi tangki penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com