Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Pertamax Turun, Hitung Biaya Isi Bensin Full Toyota Avanza Cs

Kompas.com - 02/01/2024, 13:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina non subsidi turun per 1 Januari 2024. Salah satunya Pertamax yang memiliki RON 92, turun dari sebelumnya Rp 13.350 per liter menjadi Rp 12.950 per liter.

Penurunan harga tersebut pasti disambut baik oleh pemilik kendaraan termasuk mobil yang memakai Pertamax, walaupun penurunan harganya sebetulnya tidak terlalu banyak yaitu hanya Rp 400.

Baca juga: 107.000 Kendaraan Melintasi Tol Solo-Yogyakarta pada Libur Nataru

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Redaksi Kompas.com menghitung berapa uang yang dibutuhkan untuk mengisi bensin penuh di beberapa mobil, contoh yang diambil ialah mobil-mobil di segmen Low MPV, yaitu Toyota Avanza/Daihatsu Xenia, Mitsubishi Xpander, Suzuki Etiga, dan Hyundai Stargazer.

Untuk mobil sejuta umat "si kembar" Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, memiliki kapasitas tangki bahan bakar 43 liter. Kalau sebelumnya untuk mengisi penuh butuh Rp 574.050 kini menjadi Rp 556.850

Biaya lebih besar harus dikeluarkan pemilik Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander, dan Nissan Livina sebab kapasitas tangkinya lebih besar yaitu 45 liter.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Dicek Saat Beli Mobil Baru dan Dikirim Dari Diler

Hyundai Stargazer XKompas.com/Donny Hyundai Stargazer X

Alhasil untuk mengisi penuh tiga mobil tersebut dibutuhkan kocek sebesar Rp 582.750, lebih murah dari sebelumnya yaitu dari sebelumnya Rp 600.750.

Ertiga, Xpander dan Livina yang paling mahal, maka Hyundai Stargazer yang paling murah sebab kapasitas tangki mobil lebih kecil dibanding LMPV lainnya, yaitu 40 liter.

Sebelum harga turun pemilik Stargazer harus merogoh kocek Rp 534.000 maka saat ini per Januari 2024 cukup merogoh Rp 518.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com