Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dipakai Liburan Panjang, Apakah Mobil Wajib Spooring?

Kompas.com - 02/01/2024, 13:31 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melalui momen liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), mobil yang digunakan untuk berekreasi tentu membutuhkan perawatan kembali supaya kondisinya tetap prima dan terjaga.

Banyak yang menyebut, spooring adalah satu perawatan penting dan wajib dilakukan setelah mobil digunakan liburan, benarkah demikian?

Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, anggapan tersebut bisa dibenarkan, tapi ada beberapa poin yang nampaknya harus diluruskan.

Menurut Noval, spooring tidak wajib dilakukan setelah liburan, mudik, atau perjalanan jauh lainnya. Walaupun prosesnya tergolong mudah, konsumen tidak perlu terlalu sering melakukan hal ini.

Baca juga: Aroma Makanan Ini Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Ilustrasi proses spooring ban mobilliveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil

Spooring itu enggak perlu sering-sering, cukup sekali setiap 15.000 sampai 20.000 kilometer,” ucap Noval kepada Kompas.com, Sabtu (30/12/2023).

Lebih lanjut dikatakan, fungsi utama dari spooring adalah meluruskan dan menyelaraskan posisi keempat ban mobil, supaya sesuai dengan bawaan pabrik.

Jika kaki-kaki mobil tetap normal dan ban tidak terkendala, maka spooring tidak perlu dilakukan sebelum menempuh jarak setidaknya 15.000 kilometer.

Baca juga: Rumors Dorna Sports Mau Jual Hak Komersial MotoGP

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

Akan tetapi, ada beberapa kasus khusus di mana mobil dianjurkan untuk segera melakukan spooring. Contohn sat kendali mobil mulai terasa tidak enak, dan posisi kemudi kurang lurus.

“Bisa karena faktor medan jalan juga, atau beberapa kendala lainnya. Intinya kalau mobil sudah terasa tidak enak, boleh dicoba spooring,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com