Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil Butuh Spooring dan Balancing Setelah Dipakai Liburan?

Kompas.com - 02/01/2024, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Spooring merupakan salah satu perawatan kaki-kaki agar komponen suspensi pada mobil awet. Perawatan ini perlu dilakukan secara berkala karena mobil akan mengalami perubahan sudut roda.

Perubahan sudut roda terjadi seiring pemakaian terlebih lagi mobil sering menghajar permukaan jalan tidak rata.

Lantas, apakah setelah liburan mobil membutuhkan spooring dan balancing?

Baca juga: Estimasi Perbaikan Kaki-kaki Avanza Reborn yang Unggul di Tanjakan Spongebob

Suspensi belakang Mitsubishi XForceKompas.com/Adityo Suspensi belakang Mitsubishi XForce

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, seiring pemakaian maka sudut roda bisa berubah, terlebih lagi kerap melewati jalan tidak rata.

“Spooring dan balancing merupakan wujud pemeriksaan sudut roda agar diketahui apakah terjadi pergeseran cukup banyak atau tidak, ini menjadi perawatan demi menjaga kesehatan kaki-kaki, ” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (1/1/2024).

Hardi mengatakan perubahan sudut roda dapat membuat komponen kaki-kaki cepat rusak akibat menerima getaran yang ditimbulkan.

Baca juga: Biar Tidak Salah, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Manuver yang baik ditunjang oleh sasis dan suspensi yang mumpuni dari Toyota Yaris CrossKompas.com - Aris Harvenda Manuver yang baik ditunjang oleh sasis dan suspensi yang mumpuni dari Toyota Yaris Cross

“Katakanlah terjadi perubahan sudut roda seiring pemakaian, maka gejala awalnya kemudi menjadi tidak nyaman, bisa bergetar, kemudi tidak lurus, narik ke salah satu sisi jalan dan seterusnya, secara tidak langsung itu membebani kerja kaki-kaki,” ucap Hardi.

Beberapa komponen kaki-kaki pada mobil menurut Hardi menjadi harus bekerja lebih keras seperti peredam kejut akan lebih sering naik-turun meredam getaran yang tidak diperlukan, komponen rack menjadi lebih banyak mendapatkan tegangan dan sebagainya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Setel Sudut Roda Mobil Bisa Tanpa Alat Spooring

“Kalau kaki lebih sering bekerja maka komponen-komponen tersebut akan lebih cepat rusak, misal peredam kejut menjadi lebih cepat bocor, rack oblak, dan komponen lainnya juga sama terutama ban menjadi cepat uas,” ucap Hardi.

Setelah liburan sebaiknya mobil memang melakukan spooring karena peluang terjadi perubahan sudut roda lebih besar akibat kontur jalan yang tidak rata serta durasi pemakaian yang lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com