Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, One Way Tol Cipali Arah Jakarta Diberlakukan

Kompas.com - 01/01/2024, 21:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas kendaraan dari arah Timur (Tol Trans-Jawa) pada prediksi arus balik Natal dan Tahun Baru, kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way.

Pemberlakuan one way dilakukan mulai Km 188 Gerbang Tol Palimanan Jalan Tol Cipali arah Jakarta, sampai Km 72 Cikampek sejak pukul 19.15 WIB.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, pihaknya melalui PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) mengoptimalkan 15 gardu tol operasi serta penyiagaan 20 mobile reader untuk melayani transaksi ke arah Jakarta di GT Cikampek Utama yang melayani lalu lintas one way dari arah Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Wuling Air ev Jadi Mobil Rental di Bali

"Kami juga menyiapkan petugas serta perambuan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kepadatan di hari ini yang diprediksi menjadi puncak arus balik Nataru," ucap Lisye dalam keterangan resminya, Senin (1/1/2024).

Sejumlah petugas SatLantas Polresta Cirebon Jawa Barat menerapkan rekayasa arus lalu lintas berupa OneWay di Kilometer 188 Gerbang Palimanan hingga KM 72 Tol Cikampek, pada Senin malam (1/1/2024) pukul 19.30 WIBMUHAMAD SYAHRI ROMDHON Sejumlah petugas SatLantas Polresta Cirebon Jawa Barat menerapkan rekayasa arus lalu lintas berupa OneWay di Kilometer 188 Gerbang Palimanan hingga KM 72 Tol Cikampek, pada Senin malam (1/1/2024) pukul 19.30 WIB

Untuk saat ini, rekayasa lalu lintas juga dilanjutkan dengan contraflow dari Km 72 Cikampek sampai Km 36 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta.

Pemberlakuan contraflow akan dilaksanakan secara situasional berdasarkan diskresi Kepolisian.

Lisye menambahkan, bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju arah Cikampek/arah Timur (Jalan Tol Cipali), akan dialihkan ke GT Cikampek Km 72 untuk melanjutkan perjalanannya melalui jalan nasional Pantura dan masuk kembali ke Jalan Tol Trans-Jawa arah Semarang melalui GT Palimanan 3 Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Baca juga: Contraflow dan One Way Diterapkan saat Arus Balik Libur Nataru

One Way arus balik libur akhir tahunJASA MARGA One Way arus balik libur akhir tahun

"Sementara itu, bagi pengguna jalan dari arah Bandung (Cipularang/Padaleunyi) menuju arah Jakarta maupun dari arah Jakarta menuju Bandung masih bisa menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek secara normal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com