Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Sahaalah Rilis Bus Baru, Konfigurasi Kursi Ekseklusif

Kompas.com - 29/12/2023, 19:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Sahaalah Berkah Safar kembali merilis bus baru, kali ini dirakit oleh Karoseri New Armada.

Unit terbaru milik PO asal Jepara tersebut punya desain kabin yang lebih akseklusif dari biasanya.  Sebab kursi penumpang saling berjauhan lantaran punya konfigurasi 1-1-1.  Desain kabin bus dengan konfigurasi kusri seperti ini sebelumnya sempat booming saat Covid-19, sehingga disebut kursi social distancing

Masing-masing kursi juga hadir dengan model reclining yang dilengkapi dengan sandaran kaki dan cup holder. Nuansa ekseklusif dan juga mewah makin terasa dengan permainan warna hitam dan sentuhan wood panel pada beberapa interior. 

Baca juga: Daftar Jalan Nasional yang Bebas Truk Saat Libur Tahun Baru 2024

Kabin bus baru PO Sahaalah Berkah Safar Instagram @karoseri_indonesia Kabin bus baru PO Sahaalah Berkah Safar

Pada area paling belakang bus juga disematkan toilet dengan desain mewah menyerupai toilet hotel. Agar penumpang lebih nyaman, pada area depan kabin menggunakan sekat pemisah ruang sopir bus dan ruang kursi penumpang.

Kemudian pada sekat pemisah yang menghadap ke ruang kursi penumpang dilengkapi oleh dua unit TV layar datar. 

Baca juga: Rincian Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik pada 1 Januari 2024

Secara keseluruhan, bus tampil modern dan gagah menggunakan balutan bodi Skylander R22 Custom. Beda dari bodi bodi Skylander R22 biasanya, untuk bus ini tidak menggunakan selendang pada kaca samping. 

Berdasarkan tulisan yang disematkan pada area kaca depan, unit ini akan dipergunakan sebagai bus AKAP kelas non ekonomi trayek Jepara - Jakarta. Adapun dapur pacu bus ditopang oleh sasis Hino RM280.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com