Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Masih Banyak yang Goyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin

Kompas.com - 29/12/2023, 15:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sudah sering diedukasi bahwa menggoyang-goyangkan sepeda motor saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) merupakan tindakan sia-sia tetap masih ada yang melakukan hal tersebut.

Seperti video viral yang diunggah akun Instagram, Otomotif Weekly, memperlihatkan pengendara motor yang menggoyang-goyangkan motor saat tengah isi bensin pada malam hari.

Baca juga: Kenali Suara yang Jadi Tanda Waktunya Mengganti Kampas Rem Mobil

Dalam video terlihat pengendara motor itu menggoyangkan motor hingga bodi motor cukup bergetar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

"Ingat, menggoyangkan kendaraan saat mengisi bbm berdampak buruk. Bisa menimbulkan listrik statis dan percikan api. Selalu ingat bahwa sifat air adalah mengisi ruangan kosong," tulis keterangan video, Kamis (28/12/2023).

Sebetulnya, konsep menggoyangkan kendaraan saat isi bensin ialah hal yang sia-sia.

Dosen teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady mengatakan, BBM berbentuk liquid (cair), sehingga secara otomatis mengisi ruang dalam tangki bensin baik mobil atau sepeda motor.

"Tidak ada manfaatnya, sehingga pemilik kendaraan tidak perlu menggoyang-goyangkan mobil atau sepeda motor mereka," ujar Jayan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kepala SPBU Pertamina Cikini dan Pramuka, Paimin mengatakan, menggoyang-goyangkan kendaraan saat isi bensin diharapkan setiap celah yang kosong dalam tangki akan terisi.

Baca juga: Ducati Memulai Kesuksesannya dari Desmosedici GP15

Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU PertaminaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina

Padahal tindakan itu justru berbahaya dan diimbau untuk tidak dilakukan. Sebab, menggoyang-goyangkan mobil saat pengisian BBM justru meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara nozel dengan lubang BBM.

“Ujung nozel terbuat dari besi atau baja, dikhawatirkan kalau digoyang-goyangkan justru akan terjadi gesekan. Sebab, pada lubang tutup tangki di ujungnya kan juga berbahan pelat,” ujarnya.

Paimin melanjutkan, gesekan sekecil apa pun bisa memicu listrik statis. Jika terjadi listrik statis maka dapat memicu timbulnya api yang merupakan hal paling dihindari selama berada di SPBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com