Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik, Lakukan Hal Ini jika Lampu Mobil Tiba-tiba Mati

Kompas.com - 28/12/2023, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu utama atau headlamp menjadi komponen yang penting terutama saat berkendara di malam hari. Maka dari itu, jika lampu mobil mati mendadak pada saat perjalanan malam hari, pasti akan sangat merepotkan. Terlebih jika kondisi jalan yang dilalui minim penerangan.

Ada beberapa penyebab yang menjadi alasan dibalik matinya headlamp. Mulai dari kegagalan produk hingga korsleting listrik.

Baca juga: Hindari Kecelakaan, Pelajari Sikap Benar Menghadapi Ban Mobil Pecah

“Kalau projector bisa karena kesalahan dari produknya. Kalau untuk bohlam relatif, bisa karena korsleting, sudah habis masa pakainya, atau bisa juga dari pemasangan ada yang (kabel) yang kendur, grounding,” ucap Dadan Hamdan Fadilah, pemilik Dan’s Motor, kepada Kompas.com, Kamis (28/12/2023).

Modifikasi lampu mobilKompas.com/Nanda Modifikasi lampu mobil

Jika hal itu terjadi, pengemudi sebaiknya jangan langsung panik. Pemilik mobil bisa menepikan kendaraan sejenak untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri.

“Bila lampu mati bisa dicek dulu fuse atau sikringnya, apakah putus atau tidak. Kalau lampu sudah diganti atau upgrade projector, pemilik kendaraan bisa cek kabel setnya juga fuse (sikring) kabel set, bisa juga terjadi ground (-) tidak menempel ke body atau habis pasang audio, tidak di tempel ke ground aki,” kata Dadan.

Baca juga: Mau Awet, Ini 7 Poin Penting Perawatan Motor Listrik

Untuk mengetahui sekring putus, pemilik kendaraan cukup membuka bagian fuse box atau kotak sekring dan mencari bagaian sekring lampu. Sekring putus kondisinya bisa langsung diketahui, karena permukaannya menghitam atau terlihat ada bekas lelehan.

Adapun jika lampu menggunakan sistem high-intensity discharge (HID) bisa melakukan pengecekan pada ballast dan bohlam HID-nya.

“Hal ini bisa dilakukan secara mandiri. Biasanya kalau lampu utama sudah di upgrade, sama bengkel yang memasangkan akan dipandu bila terjadi error atau tiba-tiba mati,” kata Dadan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com