Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

386.152 Kendaraan Kembali ke Jabotabek saat Natal 2023

Kompas.com - 28/12/2023, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 386.152 kendaraan telah kembali ke wilayah Jabotabek pada periode Hari Raya Natal 2023 yang jatuh pada 25-26 Desember 2023.

Jumlah terkait merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat gerbang tol utama, yaitu GT Tol Cikupa, GT Ciawi, GT Tol Cikampek Utama, dan juga GT Kalihurip Utama atau arah Bandung.

"Jumlah itu meningkat 45,01 persen jika dibandingkan lalu lintas normal pada periode sama yaitu 266.300 kendaraan. Sementara dibandingkan dengan libur Natal 2022, naik 13,5 persen," kata Lisye Octaviana, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga dalam keterangannya, Rabu (26/12/2023) malam.

Baca juga: Daihatsu Ayla Pasang Remote Keyless, Mewah Meski Bukan Immobilizer

Arus lalu lintas mudik Lebaran di Cikampek UtamaJASA MARGA Arus lalu lintas mudik Lebaran di Cikampek Utama
 

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah, mayoritas berasal dari arah timur, yakni dari Trans Jawa (Cikampek Utama) dan Bandung sebanyak 195.145 kendaraan atau meningkat 50,54 persen.

Kemudian, menyusul dari arah Barat, yakni dari Merak sebanyak 98.885 kendaraan atau meningkat 25,61 persen dan dari arah Selatan, yaitu Puncak sebanyak 92.122 kendaraan atau meningkat 23,86 persen.

Adapun tingkat kendaraan yang kembali itu tidak berbanding lurus dengan lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek jelang perayaan Natal 2023. Perseroan mencatat dalam periode tersebut ada 1,2 juta kendaraan yang keluar.

Baca juga: 4 Poin Penting Atur Barang Bawaan di Bagasi Mobil Saat Liburan

Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama 1.Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama 1.
 

Sehingga pemudik diimbau untuk kerap mengatur jadwal perjalanannya supaya tidak terjebak di dalam kemacetan.

"Sebelum memasuki jalan tol, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, tetap mematuhi protokol kesehatan saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM, dan saldo uang elektronik," kata Listye.

Tidak lupa juga turut serta mematuhi rambu-rambu serta arahan petugas di lapangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com