Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Besar Ducati di MotoGP Musim 2023, Hasil Kerja Keras Satu Dekade

Kompas.com - 18/12/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati sukses besar pada MotoGP musim 2023. Namun, hasil tersebut tidak datang secara instan melainkan dengan kerja keras selama satu dekade.

Gigi Dall'Igna, General Manager Ducati Corse, adalah salah satu kunci keberhasilan Ducati. Dall'Igna datang pertama kali pada 2013 dan sejak itu bekerja keras agar pabrikan Borgo Panigale bisa berada di puncak.

Baca juga: Jelajah Sulawesi Selatan, MJI Gelar Tour de Celebes 2023

Pada musim 2023, pebalap Francesco Bagnaia berhasil menjadi Juara Dunia MotoGP untuk kedua kali. Semua orang tahu sukses Bagnaia tidak lepas dari performa motor Ducati Desmosedici.

Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco BagnaiaDok. Ducati Ducati mempertahankan gelar juara dunia MotoGP lewat Francesco Bagnaia

“Pengorbanan yang kami semua lakukan untuk mencapai hasil ini sangatlah penting. Mulai dari teknisi hingga pengendara, semua upaya yang kami lakukan untuk menyempurnakan motor ini sangat besar dan melihat hasil ini hanya membuat kami bangga," kata Dall'Igna dilansir dari Motorsport, Senin (18/12/2023).

"Seperti biasa, selalu ada orang-orang di belakang teknik dan mereka selalu menjadi orang-orang yang membuat perbedaan nyata," ujarnya.

"Saya memiliki tim yang patut ditiru baik dari sudut pandang teknis dan manusia. Suasana di Ducati corse, tetapi secara umum juga di semua tim Ducati lainnya benar-benar sesuatu yang luar biasa," kata Dall'Igna.

Dall'Igna mengatakan, pertukaran teknologi di motor jalan raya menjadi salah satu kekuatan Ducati dan bermanfaat sangat besar dalam balapan.

Baca juga: Benarkah Pasang Pelat Nomor di Windshield Motor Bisa Kena Tilang?

Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Terkini, Jorge Martin terlibat kontak dengan Francesco Bagnaia pada lapa ketiga balapan MotoGP Valencia 2023. Alhasil, Francesco Bagnaia sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2023. (Foto oleh MOHD RASFAN / AFP)AFP/MOHD RASFAN Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Alex Marquez saat beraksi pada Sprint Race MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11/2023. Terkini, Jorge Martin terlibat kontak dengan Francesco Bagnaia pada lapa ketiga balapan MotoGP Valencia 2023. Alhasil, Francesco Bagnaia sukses mengunci gelar juara dunia MotoGP 2023. (Foto oleh MOHD RASFAN / AFP)

Tiga gelar yang diraih Ducati pada 2023 adalah contoh nyata sejauh mana Ducati berhasil meningkatkan standarnya.

“Berbicara tentang MotoGP, kami telah mengumpulkan 17 kemenangan di musim ini, kami menang dengan enam dari delapan pebalap yang kami miliki di grid. Kami telah membawa semua pebalap kami naik podium," katanya.

"Ini berarti motor bekerja dengan baik di semua balapan. Total 44 podium. Tapi angka yang paling membuat saya terkesan adalah sembilan, sembilan kali kami meraih podium semua Ducati," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com