Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mobil Kuat Nanjak Saat Dipakai Liburan Nataru 2023

Kompas.com - 25/12/2023, 11:42 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merayakan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dengan berlibur bersama keluarga atau teman ke tempat wisata alam seperti pegunungan atau bukit dapat memberikan suasana yang tenang dan udara yang segar.

Namun, perlu diperhatikan perjalanan yang akan ditempuh biasa harus melewati tanjakan dan jalan berliku, sehingga keterampilan mengemudi sangat diperlukan.

Terdapat beberapa tips yang bisa digunakan atau diterapkan ketika melaju di tanjakan, supaya mobil bisa melibas tanjakan dengan mulus saat berlibur ke daerah pegunungan.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengemudi Ketika Ban Mobil Kempis

Kawasan Tanjakan Gentong masih mengalami kemacetan parah sejak Kamis (5/5/2022) sampai Jumat (6/5/2022) pagi dan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way untuk mengurai kemacetan sampai Malangbong, Kabupaten Garut sejak Kamis malam tadi.KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Kawasan Tanjakan Gentong masih mengalami kemacetan parah sejak Kamis (5/5/2022) sampai Jumat (6/5/2022) pagi dan diberlakukan rekayasa lalu lintas one way untuk mengurai kemacetan sampai Malangbong, Kabupaten Garut sejak Kamis malam tadi.

1. Matikan AC mobil

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan, mematikan AC saat berkendara berpengaruh pada performa mesin.

“Mematikan AC saat melewati jalan menanjak memang bisa mempengaruhi kinerja mobil. Pasalnya kompresor AC digerakan oleh belt dan berputar mengikuti putaran mesin,” ucap Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Sehingga ketika kompresor AC mati , otomatis beban mesin juga akan berkurang,” lanjut Bambang.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP Jurusan Jakarta-Padang Saat Libur Nataru 2023

Sejumlah truk dan minibus melintas di tanjakan Sitinjau Lauik di jalan nasional Padang-Solok, tepatnya di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (8/4/2021).KOMPAS/YOLA SASTRA Sejumlah truk dan minibus melintas di tanjakan Sitinjau Lauik di jalan nasional Padang-Solok, tepatnya di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (8/4/2021).

2. Gunakan gigi yang tepat

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, saat mobil matik melewati jalan menanjak gunakan gigi yang tepat.

“Jangan gunakan posisi D saat menanjak curam dan panjang. pada posisi D matik akan memindahkan gigi secara otomatis berdasarkan putaran mesin,” ucap Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Solusi Saat Transmisi pada Mobil Matik Tiba-tiba Macet

Sementara untuk mobil manual, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan sebaiknya pindah gigi transmisi mobil manual sebelum melewati tanjakan.

“Untuk melewati tanjakan secara aman, gunakan gir yang paling rendah yaitu 1 untuk mobil manual. Kalau stag atau terlambat mengoper gigi di tanjakan, risikonya tenaga mesin ngedrop,” ujar Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Honda BR-V saat dipakai melewati jalur menanjak di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengahkompas.com Honda BR-V saat dipakai melewati jalur menanjak di Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah

3. Jalan zig-zag

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana mengatakan, ketika mengemudi di jalan menanjak tidak hanya berjalan lurus, tapi sedikit berbelok-belok.

“Pastikan kontur jalan harus diperhatikan dan intinya, selalu mawas dan hari-hari saat melewati tanjakan,” ujar Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Langkah Pertama Saat Mobil Mengalami Overheat di Jalan

4. Perhatikan beban kendaraan

Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor, Noval Al-Hudah mengatakan, saat melewati jalan menanjak pastikan mobil tidak membawa muatan berlebih.

“Bukan berarti mobil harus betul-betul kosong, cukup pastikan saja muatan tidak banyak. Jika barang bawaan terlanjur banyak, opsinya hanya mencari alternatif rute lain atau mengurangi beban,” ujar Noval kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com