Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MPV Mewah Vellfire Menghilang dari Situs Resmi Toyota

Kompas.com - 24/12/2023, 15:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) rupanya sudah tidak lagi menempatkan Vellfire dalam daftar jajaran produknya. Hal ini terlihat pada laman situs resmi Toyota Astra, di mana MPV mewah itu sudah menghilang dalam daftar kendaraan.

Melansir dari laman resmi Toyota Astra Motor, di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) saat ini hanya menawarkan All New Alphard HEV, All New Kijang Innova Zenix HEV dan non hybrid, All New Voxy, New Kijang Innova, All New Avanza, All New Veloz dan New Calya.

Hal ini pun memunculkan spekulasi, apakah Toyota sudah menyetop penjualan Vellfire di Indonesia?

Baca juga: Alasan Motor Listrik Honda EM1 e: Dijual Setara Harga PCX 160

Tim redaksi sudah mengkonfirmasi terkait hal ini kepada Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada jawaban.

Kendati demikian, dilaman resmi Auto2000, Toyota Vellfire masih ditawarkan dengan dengan harga Rp 1.399.800.000.

Pada Agustus 2023 lalu Toyota Jepang meluncurkan generasi terbaru Vellfire yang dibarengi dengan peluncuran Toyota Alphard. Sayangnya, Toyota hanya memboyong Alphard terbaru untuk pasar Indonesia.

Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncurDok. Toyota Generasi terbaru Toyota Alphard dan Vellfire resmi meluncur

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2021 Toyota berhasil distribusikan Vellfire dari pabrik ke diler sebanyak 312 unit. Di tahun berikutnya, terjadi peningkatan dengan total distribusi 322 unit.

Sementara pada periode Januari-November 2023, total pengiriman mobil yang diproduksi ke diler Toyota sebanyak 243 unit.

Baca juga: Hari Ini Contraflow Berlaku di Km 47 sampai Km 65 Tol Jakarta-Cikampek

Untuk diketahui, sebenarnya hal ini bukan pertama kali terjadi pada mobil Toyota. Sebelumnya pabrikan otomotif raksasa asal Jepang itu juga melenyapkan Sienta dari situs resminya. Hal ini bisa terjadi karena penjualan yang bersifat spot order.

Namun, untuk nasib Vellfire sendiri belum diketahui, hingga ada statement resmi dari pihak Toyota.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com