Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Tidur Berkualitas Cocok Diterapkan Saat Road Trip Libur Nataru

Kompas.com - 25/12/2023, 09:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah tiba, momen tepat untuk berekreasi dan melakukan aktivitas luar ruangan bersama keluarga.

Bagi semua pengendara yang hendak melakukan perjalanan luar kota, atau pulang kampung untuk mengunjungi sanak saudara, ada satu anjuran bermanfaat seputar trik berkendara yang bisa dicoba.

Anjuran ini dibagikan oleh Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC). Dia menjelaskan tentang trik kuat berkendara ala militer bernama power nap.

“Sesuai namanya ya, ini berkaitan dengan tidur, cuma tidurnya secara berkualitas. Ini bisa dianggap doping alamiah,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Baca juga: Sikap Antisipasi Pengemudi Saat Mobil Mengalami Rem Blong

EspressoVictor Freitas Espresso

Walaupun terbilang mudah, penerapannya ternyata gampang-gampang sulit. Karena sebelum tidur, pengendara harus menenggak kopi terlebih dahulu.

Kopi yang diminum juga harus jenis konsentrat seperti espresso, tanpa gula dan tambahan apapun. Setelah meminum, pengendara bisa langsung tidur.

“Tidurnya juga tidak lama, maksimal 20 menit saja. Ini bisa dilakukan di rumah sebelum berangkat, atau di rest area waktu beristirahat,” kata Marcell.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengemudi Ketika Ban Mobil Kempis

Ilustrasi berkendara.Thinkstock Ilustrasi berkendara.

Selama pengendara tertidur, kafein dari kopi akan dicerna dan mulai diserap tubuh. Ketika bangun, bisa dirasakan lonjakan energi dan fokus yang bermanfat saat melanjutkan perjalanan.

“Ini trik yang selalu Tentara, biasanya ketika mau deployment (bertugas di lapangan), mereka pasti ngopi terus tidur. Ketika bangun, kafein langsung kick in,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com