Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciabatti Pisah dari Ducati, Pindah ke Divisi Off Road

Kompas.com - 22/12/2023, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Motorsport


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Olahraga Ducati Corse Paolo Ciabatti tidak lagi menangani MotoGP. Ducati mengirim Ciabatti untuk fokus mengembangkan divisi off road yang baru saja dibentuk.

Ducati ingin melebarkan sayap bukan hanya "jago" di balapan aspal tapi juga balapan tanah. Namun belum diketahui balapan apa yang dimaksud sebanyak banyak kejuaraan off road namun kemungkinan ialah MXGP dan Dakar.

Baca juga: Motor Pakai Pelat Nomor Palsu, Siap-siap Kena Denda Rp 500.000

Posisi Ciabatti di MotoGP akan digantikan oleh Mauro Grassilli. Nama yang sebetulnya bukan orang baru di Ducati dan juga punya peran penting dalam kesuksesan Ducati dalam dua tahun terakhir.

Bos Ducati, Paolo Ciabatti.MOTOGP.com Bos Ducati, Paolo Ciabatti.

Ciabatti saat ini berusia 65 tahun. Dia pernah berada di Saab dan Mazda, dan pindah ke Ducati pada 1997. Debutnya berada di tim SBK antara tahun 1999 dan 2012, kemudian dipromosikan ke MotoGP.

Ciabatti kemudian menjabat sebagai Direktur Olahraga Ducati di MotoGP pada tahun 2013, setelah Valentino Rossi hengkang dari Ducati untuk kembali ke Yamaha.

Saat itu CEO Ducati Claudio Domenicali kemudian meminta Ciabatti dan Davide Tardozzi untuk bertanggung jawab membangun kembali sisa-sisa tim kebanggaan Borgo Panigale.

Baca juga: Operasi Lilin 2023, Polda DIY Targetkan Keamanan dan Kenyamanan

Replika motor balap Ducati Panigale V4 dan V2 dari MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSPDok. Ducati Replika motor balap Ducati Panigale V4 dan V2 dari MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP

Dikabarkan, pada musim lalu, Domenicali kembali menelepon Ciabatti dan kali ini memintanya untuk mengambil alih divisi off-road yang baru lahir. Tujuannya sama seperti di MotoGP mendominasi balapan garuk tanah.

Untuk menjalankan misinya, Ducati sudah mengontrak legenda motocross Italia, Tony Cairoli, yang setelah pensiun dari kompetisi pada akhir 2021, menjadi bagian dari tim KTM hingga Oktober 2023.

Cairoli kini menjadi penasihat utama Ducati dan pengembang produk untuk divisi off road Ducati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com