Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Mobil Listrik BYD yang Akan Dijual di Indonesia

Kompas.com - 22/12/2023, 10:51 WIB
Azwar Ferdian

Editor

SHENZEN, KOMPAS.com - BYD Auto sebagai produsen mobil listrik terbesar di China,
mengonformasi akan segera masuk pasar otomotif Indonesia. BYD dengan perwakilan BYD Motor Indonesia sebagai agen pemegang merek, sedang melakukan uji coba beberapa modelnya di Tanah Air.

Ada pun model yang sedang diuji coba antara lain BYD E6 versi kendaraan penumpang, Atto 3, Dolphin dan BYS Seal.

General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division, Liu Xueliang, mengatakan, semua produk yang sedang menjalani pengujian di Indonesia, dipastikan menggunakan baterai jenis lithium iron phosphate (LFP).

Baca juga: Soal Investasi di Indonesia, Ini Jawaban Terbaru BYD

“Mobil-mobil BYD memakai baterai LFP, dan tidak menggunakan material nikel. Penggunaan lithium iron phospaten terkait dengan aspek keselamatan, karena baterai LFP lebih aman,” kata Liu, di kantor pusat BYD, Shenzhen, China, Kamis (21/12/2023).

Kantor pusat BYD Auto di Shenzhen, ChinaKOMPAS.com/Azwar F Kantor pusat BYD Auto di Shenzhen, China

BYS juga belum memutuskan apakah akan memproduksi secara lokal mobil listrik yang akan dijual di Indonesia, atau membawanya secara impor utuh (CBU). BYD diketahui sudah membuka fasilitas perakitan di Thailand, yang bisa menjadi hub suplai kendaraan di Asia Tenggara.

Baca juga: Ini Pabrik Baterai Lithium LFP Terbesar Milik BYD

"Hal yang bisa saya ungkapkan di sini adalah soal waktu, lokasi dan nilai investasi di Indonesia. Kami sedang siapkan semuanya, tunggu kabar dari kami selanjutnya," jelas Liu.

BYD sendiri menyatakan bakal masuk ke segmen kendaraan penumpang berbasis listrik di Indonesia pada semester dua 2024, dengan pengenalan produk pada awal tahun.

Di negara asalnya, China, BYD punya banyak produk yang ditawarkan, dan juga sub brand. BYD membawahi Denza, Yangwang dan Fangchengbao, yang semuanya memiliki pangsa pasar masing-masing.

Selain mobil penumpang, BYD juga memiliki bus bertenaga listrik, dimana bus ini sudah diuji coba kurang lebih dua tahun di Indonesia, dan juga forklift bertenaga listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com