Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Pelajari Karakter Konsumen Indonesia, Termasuk Pembelian Kredit

Kompas.com - 19/12/2023, 08:31 WIB
Azwar Ferdian

Editor

CHANGZHOU - BYD sedang bersiap untuk menjual mobil listrik di pasar otomotif Indonesia. BYD Motor Indonesia sudah melakukan studi selama kurang lebih dua tahun di Indonesia.

Sebagai awalan, BYD lebih dulu hadir di segmen kendaraan komersial yakni bus listrik dan juga mobil taksi yang bekerja sama dengan Blue Bird.

Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, menyatakan bahwa pihaknya bakal segera menawarkan mobil listrik buat konsumen Tanah Air. Sejak dua tahun lalu, BYD bahkan sudah mulai melakukan studi secara komperhensif.

"BYD sudah mempelajari industri otomotif Indonesia, seperti diketahui kami memulai dengan bus listrik, taksi dan juga forklift bertenaga listrik. Secepatnya BYD akan memulai masuk dengan mobil listrik," jelas Eagle Zhao, kepada Kompas.com, di Changzhou, China, Kamis (18/12/2023).

Baca juga: Keunggulan Baterai Mobil Listrik yang Diklaim BYD

Terkait karakter konsumen, Eagle menjelaskan, Indonesia memang punya karakter yang unik dan berbeda dengan negara lain.

Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 Kompas.com/Fathan Taksi listrik Blue Bird, BYD e6

"Di Indonesia mobil yang dicari tentu saja yang mampu menampung banyak penumpang, seperti MPV. Tapi saat ini trennya juga bergerak ke arah SUV, dan kami punya model SUV yang bisa ditawarkan di Indonesia," jelas Eagle.

Karakter khas lainnya adalah soal pembelian secara kredit. Eagle tak menampik bahwa pembelian kendaraan di Indonesia didominasi pembelian secara kredit. Untuk itu BYD Motor Indonesia juga harus menyiapkan perusahaan pembiayaan buat menunjang penjualan.

"Kami punya perusahaan pembiayaan sendiri, dan kami paham bahwa memang penjualan kendaraan di Indonesia terbesar melalui skema kredit. Tentu itu sudah dalam persiapan yang akan kami lakukan," jelas Eagle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com