Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Ruas Jalan yang Diprediksi Macet Saat Libur Nataru 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi ada lima titik yang rawan macet selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kelima titik tersebut yaitu Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Beberapa tempat yang kita identifikasi tempat yang harus diperhatikan ditel karena potensi kemacetan ada di sana," ujarnya, Selasa (19/12/2023).

Baca juga: Cara Lewat Tol Japek II Selatan yang Dibuka Fungsional Saat Nataru

ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021Jasa marga ilustrasi lalu lintas Libur Tahun Baru 2021

Meski demikian, ia mengaku bahwa pihaknya telah memastikan sejumlah upaya supaya dapat memecah kepadatan lalu lintas, khususnya di tol Cipali. Langkah ini dilakukan bersama Korlantas Polri dan Jasa Marga.

"Insya Allah perjalanan darat bisa baik. Yang menjadi catatan justru datang dari pengendara motor, 17 persen jumlah yang banyak. Saya menyarankan tidak bepergian dengan motor dengan jarak jauh karena sangat berbahaya," kata dia.

Kemudian untuk Pelabuhan Merak, Menhub memastikan pengaturan lalinnya sudah terkontrol dengan baik. Pasalnya, kendaraan truk besar Golongan 8 akan dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan sehingga volume kendaraan di Pelabuhan Merak bisa berkurang.

Sementara Pelabuhan Ketapang telah disiapkan dua pelabuhan tambahan dan dua tempat penampungan kendaraan. Sehingga lalu lintas di sana tidak terlalu penuh.

Di samping itu, Kemenhub juga membuka Posko Nasional Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 untuk memastikan kondisi lalu lintas lancar yang dibuka selama 19 Desember 2023 sampai 3 Januari 2024 dalam dua shift.

Baca juga: Ini Mobil LCGC yang Dapat Penyegaran Sepanjang 2023

Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021JASA MARGA Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, diprediksi puncak arus mudik dan balik akan terjadi dua kali.

Puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023, lalu prediksi Puncak Arus Balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023.

Sedangkan prediksi Puncak Arus Mudik II akan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan Prediksi Puncak Arus Balik II akan terjadi pada 1-2 Januari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com