Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Bakal Punya Sirkuit Baru, Siap Sambut MotoGP

Kompas.com - 19/12/2023, 14:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini Amerika Serikat hanya kebagian satu jadwal di kalender MotoGP dengan Sirkuit Austin, Texas.

Namun demikian, kabarnya, Amerika akan menambah sirkuit baru untuk menggelar ajang balap motor bergengsi tersebut.

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (19/12/2023), di negara bagian Tennessee, desainer sirkuit Hermann Tilke sedang membangun arena motorsport baru. Sirkuit di Flatrock ini bisa menjadi tuan rumah kedua untuk MotoGP Amerika.

Baca juga: Casey Stoner Hampir Masuk Tim Satelit Yamaha di MotoGP

Pemilik tim Trackhouse Aprilia yang baru, Justin Marks, ingin meyakinkan para sponsor ternama asal Amerika Serikat seperti Anheuser-Busch, Coca Cola, dan Jockey untuk ikut serta dalam Kejuaraan Dunia MotoGP.

Pembangunan sirkuit baru, Flatrock Motorsporr Arena, di Amerika SerikatDok. Speedweek.com Pembangunan sirkuit baru, Flatrock Motorsporr Arena, di Amerika Serikat

Selain itu, Justin juga ingin melihat MotoGP Amerika Serikat kembali digelar, terutama karena di masa lalu ada tiga sirkuit di Amerika dalam setahun, yakni Texas, Indy, dan Laguna Seca.

Flatrock Motorsports Park yang sedang dibangun nantinya akan memiliki panjang lintasan hingga 5.631 km.

Namun, ada juga varian lainnya dengan panjang 4.296 km, yang akan dihomologasi untuk kompetisi FIM, seperti World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP. Sirkuit ini juga akan memiliki standar Grade 2 dari FIA untuk semua balapan mobil dengan pengecualian Formula 1.

Baca juga: Ducati Rilis Replika Motor Juara Dunia MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP

Flatrock Motorsport Arena yang baru di negara bagian Tennessee, Amerika Serikat, dijadwalkan akan dibuka pada 2024 dan akan memiliki lintasan balap sepanjang 9,493 km dengan tikungan 30 derajat dan tidak kurang dari 34 tikungan.

Sprint Race MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (16/4/2023) dini hari WIB. (Foto oleh by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)AFP/MIRCO LAZZARI GP Sprint Race MotoGP Amerika 2023 di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (16/4/2023) dini hari WIB. (Foto oleh by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Sebagai perbandingan, Sirkuit Austin memiliki 21 tikungan. Kebetulan, sirkuit tersebut juga dirancang oleh arsitek lintasan balap asal Jerman, Hermann Tilke.

Sayangnya, saat ini belum ada regenerasi pebalap Amerika di MotoGP. Joe Roberts juga tidak mampu melewati peringkat ke-13 di Kejuaraan Dunia Moto2.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com