Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 6 Teknologi Baru pada Mobil yang Tren Sepanjang 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beragam teknologi baru pada mobil menjadi tren selama 2023 ini. Sebenarnya, teknologi tersebut sudah ada sejak lama, hanya saja disematkan pada mobil tertentu.

Namun seiring tuntutan zaman, teknologi tersebut juga banyak disematkan pada mobil-mobil pribadi seperti LMPV, LSUV dan bahkan LCGC.

Berikut ini 6 teknologi baru sedang menjadi tren selama 2023 yang sudah dirangkum oleh Kompas.com:

1. Remote otomatis

Remote bukan hal baru pada dunia mobil, namun akhir-akhir ini remote tidak hanya digunakan untuk lock-unlock saja. Tapi bisa digunakan untuk membuka pintu secara otomatis, khususnya pintu geser dan bagasi.

Baca juga: Mengurus Kunci Remote Mobil Hilang Lebih Murah ke Spesialis

Remote alarm mobil tidak hanya untuk lock-unlock, tapi juga ada fitur tambahan lainnya.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote alarm mobil tidak hanya untuk lock-unlock, tapi juga ada fitur tambahan lainnya.

Selain itu, remote juga bisa digunakan untuk menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh. Sehingga menyalakan mesin tidak lagi harus membuka pintu dan masuk mobil, tapi dari dalam kamar juga bisa.

Fitur ini banyak dijumpai pada mobil-mobil baru bahkan remote aksesoris seperti ini bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Sehingga, mobil standar bisa diubah memiliki fitur tersebut.

2. Auto hold

Auto hold merupakan fitur pembantu untuk pengemudi saat berkendara khususnya saat mobil berada di lampu merah, kemacetan dan menanjak. Dengan adanya fitur ini, pengemudi tidak lagi harus menginjak pedal rem terlalu lama, tugasnya akan digantikan oleh sistem.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Rem Parkir Elektrik Saat Kecepatan Tinggi

Rem parkir model tombol ada di Nissan X-trailTangkapan layar Rem parkir model tombol ada di Nissan X-trail

Begitu pedal gas diinjak, maka secara otomatis pengereman berakhir dan laju kendaraan bisa berjalan normal kembali.

3. Rem parkir elektronik

Rem parkir elektronik banyak dijumpai pada mobil-mobil baru sehingga secara tata letak dapat membuat ruang pengemudi menjadi lebih ringkas. Fitur ini juga meningkatkan kesan modern pada mobil.

Umumnya fitur ini bersamaan dengan auto hold, karena rem parkir elektronik sangat memungkinkan mengganti peran pengemudi dalam menahan kampas rem parkir yang tadinya harus menarik rem tangan, tapi ini cukup dengan menekan tombol berkat adanya motor khusus di bagian rem.

Baca juga: Terhubung dengan Smartphone, Ini Sederet Keuntungan yang Ditawarkan Connected Car

Layar head unit mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Layar head unit mobil listrik MG4 EV

4. Smartphone connection Android Auto dan Apple CarPlay.

Fitur ini dapat mengkoneksikan ponsel dengan layar head unit di mobil. Dengan demikian, beberapa fitur penunjang seperti navigasi, hiburan, telepon dan sebagainya pada ponsel dapat diakses atau tampil di layar mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com