BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hyundai

Terhubung dengan Smartphone, Ini Sederet Keuntungan yang Ditawarkan Connected Car

Kompas.com - 21/03/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com – Konektivitas sudah menjadi hal yang biasa di era digital. Hampir setiap orang sudah memiliki smartphone untuk terhubung dengan keluarga dan kolega.

Seiring perkembangan teknologi, smartphone dapat terhubung dengan perangkat elektronik lain melalui jaringan internet. Bahkan, mobil terkini sudah bisa dikoneksikan dengan ponsel pintar pengguna dan perangkat lainnya. Mobil ini kerap disebut sebagai connected car.

Connected car merupakan inovasi terbaru yang dimunculkan pabrikan. Mobil ini dibekali sistem berbasis internet of things (IoT) sehingga dapat terhubung dengan smartphone.

Tak sekadar terhubung, connected car juga dibekali sejumlah fitur modern yang dapat memberikan pengalaman berkendara ke tingkat lebih lanjut.

Lalu, apa saja pengalaman menarik berkendara yang ditawarkan connected car? Simak ulasan berikut.

1. Pantau riwayat kendaraan

Salah satu pengalaman baru yang diberikan oleh connected car adalah Anda sebagai pemilik kendaraan dapat memantau kondisi mobil secara menyeluruh melalui smartphone.

Untuk keperluan itu, pabrikan menyematkan fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan pengecekan kesehatan kendaraan. Contohnya, fitur Manual/Automatic Diagnostic Report. Fitur ini secara otomatis akan melakukan diagnosis jika terjadi kejanggalan pada mobil.

Selain itu, ada juga fitur Driving Information and Vehicle Health Report. Fitur ini menyediakan laporan bulanan atas berbagai aktivitas yang telah dilakukan mobil.

Kemudian, fitur Vehicle Status Check/Notification dapat membantu menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi.

2. Tingkatkan keamanan

Sistem keamanan merupakan salah satu faktor penting bagi kendaraan untuk menghindari berbagai macam hal tak diinginkan. Salah satunya, menghindari tindak pencurian.

Demi mengakomodasi hal tersebut, connected car sudah dibekali sistem keamanan seperti fitur tracking yang terkoneksi dengan smartphone.

Dengan fitur tersebut, pemilik kendaraan dapat melakukan pelacakan dan panggilan kepada call center untuk mematikan pengoperasian kendaraan jika terjadi pencurian.

3. Mengatur batas kecepatan

Pengendara bisa pula mengatur batas kecepatan maksimum pada connected car berkat fitur speed notification.

Lewat fitur tersebut, Anda akan langsung diperingatkan melalui notifikasi pada smartphone bila kecepatan berkendara melebihi batas yang telah ditentukan.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih aman karena dapat menghindari kejadian tak diinginkan akibat berkendara di luar batas kecepatan maksimum.

Itulah ragam manfaat dari keberadaan connected car. Salah satu connected car yang ada di pasar Indonesia adalah Hyundai CRETA dengan teknologi Bluelink.

Sebagai informasi, Bluelink adalah platform yang berfungsi menghubungkan kendaraan dengan pemilik melalui perangkat pintar yang bekerja dalam jaringan, seperti smartphone.

Teknologi Bluelink tingkatkan pengalaman pengemudi saat mengendarai connected car Hyundai.Dok. Hyundai Teknologi Bluelink tingkatkan pengalaman pengemudi saat mengendarai connected car Hyundai.

Kehadiran Bluelink bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengemudi saat mengendarai connected car Hyundai.

Melalui Bluelink, pengendara akan disajikan berbagai informasi terkait kebutuhan berkendara. Tak hanya itu, Bluelink juga dilengkapi dengan 33 fitur pendukung keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan berbagai layanan manajemen kendaraan.

Untuk keamanan, misalnya, Bluelink dari Hyundai telah dilengkapi dengan fitur Stolen Vehicle Immobilization untuk mendeteksi aksi pencurian yang dilakukan terhadap kendaraan.

Tak hanya itu, ada juga fitur Vehicle Relationship Management yang berfungsi untuk merekam kebiasaan berkendara. Fitur itu sangat berguna jika mobil Anda tengah digunakan oleh orang lain.

Bila mobil mengalami gangguan teknis, fitur tersebut akan memberikan diagnosis yang bisa menjadi catatan saat melakukan servis berkala.

Selain kedua fitur tersebut, masih banyak sejumlah fitur cerdas pada Bluelink, yakni Geo-Fence Notification untuk mengatur batas aman, Valet Alert untuk memantau kendaraan yang diparkir lewat jasa valet, Remote Horn and Light Control untuk mengunci kendaraan dari jauh, serta Remote Engine Start with Climate Control untuk menghidupkan mesin dan mengatur suhu kendaraan dari jauh.

Semua fitur tersebut dapat dioperasikan melalui smartphone. Sebelum mengoperasikan, pengendara harus melakukan verifikasi pengenalan wajah dan sidik jari.

Melalui Bluelink, pengendara juga akan terhubung dengan pusat panggilan Hyundai yang aktif selama 7x24 jam. Dengan begitu, pengendara akan mendapatkan bantuan sesegera mungkin bila berada dalam kondisi darurat.

Teknologi Bluelink.Dok. Hyundai Teknologi Bluelink.

Itu tadi sederet kelebihan yang ada pada teknologi Bluelink di Hyundai CRETA. Bagi yang minat terhadap pembelian unit CRETA, saat ini Hyundai tengah mengadakan promo menarik melalui program SmartDeal.

Adapun keuntungan yang bisa dinikmati lewat program SmartDeal adalah uang muka rendah, yakni 20 persen dari harga unit. Cicilan per bulan pun ringan, yaitu mulai dari Rp 2,8 juta selama 3 tahun. Angka ini 60 persen lebih rendah daripada program Hyundai lainnya. Selain itu, Anda juga berhak menikmati gratis layanan perawatan dan suku cadang, serta asuransi kendaraan.

Jika Anda berniat tukar-tambah, Hyundai memberikan jaminan 70 persen harga jual kembali dengan tambahan 20 persen margin untuk unit baru. Dengan catatan, unit yang ditukar berusia tiga tahun pemakaian.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi Bluelink dari Hyundai, silakan kunjungi tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.