Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pergi Berlibur, Pastikan Cek Kondisi Rem Mobil

Kompas.com - 19/12/2023, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang akan berlibur menggunakan mobil pribadi, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu. Paling utama, cek kondisi rem karena memiliki peran penting untuk memperlambat laju kendaraan dengan sempurna.

Yuly Kridiawan, Service Manager Auto2000, mengatakan, rem pada mobil memiliki peran yang begitu penting. Oleh sebab itu harus dicek kondisinya agar tetap bisa berfungsi dengan baik.

“Dengan masa bepergian liburan bersama keluarga, tentunya keselamatan penumpang bersama harus diperhatikan sehingga harus memeriksa kondisi sistem pengereman mobil,” ucap Yuly kepada Kompas.com, Senin (18/12/2023).

Baca juga: Efektifkan Biaya Operasional Kendaraan dengan Sewa Mobil Jangka Panjang

Pengecekan bisa dimulai dengan pemeriksaan minyak rem hingga selang rem mobil atau yang sering disebut sebagai pipa rem.

“Mulai dari mengecek minyak rem dan segera ditambah kalau berkurang. Termasuk, tidak ada kotoran seperti endapan lumpur yang dapat menurunkan performa rem,” kata Yuly.

Selanh rem bocorDicky Aditya Wijaya Selanh rem bocor

“Pastikan juga tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai adanya rembesan di sambungan atau lekukan. Cek juga kondisi kampas rem sebagai bagian yang menanggung beban berat saat rem mobil beroperasi. Jangan sampai rem mobil blong karena akan memicu kecelakaan fatal,” lanjutnya.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik per Desember 2023, Bertambah Binguo EV

Selain itu, pemilik kendaraan juga sebaiknya memeriksa ketebalan kampas rem. Apabila sudah tipis, maka sebaiknya langsung diganti dengan yang baru untuk menjaga keamanan dan keselamatan selama di jalan raya.

Jangan menunggu sampai bergelombang, sebab ketika menginjak pedal rem akan terasa bergetar.

Jadi, bagi Anda yang ingin berlibur sebaiknya lakukan pengecekan rem mobil terlebih dahulu. Jangan sampai mengabaikan hal tersebut, karena keamanan dan keselamatan menjadi taruhannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com