Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Motor Tukang Bakso Pakai Minyak Goreng buat Cairan Rem

Kompas.com - 15/12/2023, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral di dunia maya memperlihatkan seorang tukang bakso yang menggunakan minyak goreng sebagai pengganti minyak rem atau cairan rem sepeda motor miliknya.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @mrbowooo, aksi tersebut dilakukan diduga karena selang rem motornya bocor atau habis. Tapi bukannya memperbaiki justru mengganti minyak rem pakai minyak goreng secara berkala.

Dalam video terlihat ketika minyak goreng dituang ke master rem sang tukang bakso kemudian "memompa" rem. Sayang videonya hanya sedikit dan tidak terlihat apakah rem depan tersebut benar berfungsi atau tidak.

@mrbowooo Jan mendo bakol bakso siji iki #fyp ? suara asli - iwayanagusadiii

Dari video jelas bahwa minyak goreng bukan ditujukan sebagai minyak rem. Mengganti spesifikasi minyak rem sangat berbahaya sebab spesifikasi minyak rem berbeda.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan beberapa pengendara motor hanya memperhatikan bagian kampas rem dan cakram saja.

Baca juga: Meluncur Hari ini, Berikut Bocoran Spesifikasi Wuling Binguo EV

"Padahal, kondisi minyak rem juga perlu diperhatikan karena menjadi komponen utama dalam sistem rem hidrolik. Sehingga untuk menunjang keselamatan dan keselamatan berkendara," kata Ade kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ade mengatakan, pentingnya menggunakan minyak rem yang baik sebab dapat menahan suhu akibat panasnya pengereman.

Ilustrasi minyak rem sepeda motorDok. DAM Ilustrasi minyak rem sepeda motor

Untuk motor Honda, contohnya, kata Ade, yang direkomendasikan ialah minyak rem AHM Honda DOT-4. Sedangkan untuk merek lain disesuaikan dengan anjuran resmi pabrikan.

Ade mengatakan agar pengereman motor tetap berfungsi dengan baik dan optimal maka perlu dilakukan perawatan dengan mengganti minyak rem kurang lebih ketika mencapai jarak 24.000 km atau setiap 2 tahun sekali.

“Meski jarak penggantian berkala cukup lama, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya,” kata Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com