Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral, Motor Tukang Bakso Pakai Minyak Goreng buat Cairan Rem

Dalam video yang diunggah akun TikTok @mrbowooo, aksi tersebut dilakukan diduga karena selang rem motornya bocor atau habis. Tapi bukannya memperbaiki justru mengganti minyak rem pakai minyak goreng secara berkala.

Dalam video terlihat ketika minyak goreng dituang ke master rem sang tukang bakso kemudian "memompa" rem. Sayang videonya hanya sedikit dan tidak terlihat apakah rem depan tersebut benar berfungsi atau tidak.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman, mengatakan beberapa pengendara motor hanya memperhatikan bagian kampas rem dan cakram saja.

"Padahal, kondisi minyak rem juga perlu diperhatikan karena menjadi komponen utama dalam sistem rem hidrolik. Sehingga untuk menunjang keselamatan dan keselamatan berkendara," kata Ade kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ade mengatakan, pentingnya menggunakan minyak rem yang baik sebab dapat menahan suhu akibat panasnya pengereman.

Untuk motor Honda, contohnya, kata Ade, yang direkomendasikan ialah minyak rem AHM Honda DOT-4. Sedangkan untuk merek lain disesuaikan dengan anjuran resmi pabrikan.

Ade mengatakan agar pengereman motor tetap berfungsi dengan baik dan optimal maka perlu dilakukan perawatan dengan mengganti minyak rem kurang lebih ketika mencapai jarak 24.000 km atau setiap 2 tahun sekali.

“Meski jarak penggantian berkala cukup lama, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara visual kondisi minyak rem yang ada pada tank master rem, baik pemeriksaan kuantitas maupun kualitasnya,” kata Ade.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/15/140100315/video-viral-motor-tukang-bakso-pakai-minyak-goreng-buat-cairan-rem-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke