Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Cek Kesiapan Sopir dan Armada Angkutan Umum Jelang Libur Nataru

Kompas.com - 13/12/2023, 14:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) yang berlangsung pada pekan depan, polisi melakukan pengecekan terhadap sopir dan armada angkutan umum.

Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Jabar AKBP Eti Haryati, mengatakan, pengecekan itu untuk meninjau kesiapan armada angkutan umum menjelang libur Nataru.

Selain kendaraan, sejumlah armada angkutan umum juga jadi sasaran pemeriksaan anggota kepolisian gabungan, mulai dari pemeriksaan kesehatan hingga pemeriksaan urine untuk memastikan mereka bebas dari narkoba.

Baca juga: Belajar dari Konflik Anggota Komunitas Avanza-Xenia, Jangan Arogan kalau Konvoi

Ilustrasi Ramp Check yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat
Dok. Humas Ditjen Perhubungan Darat Ilustrasi Ramp Check yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat

“Dengan harapan bahwa ramcek ini memberikan sesuatu manfaat khususnya bagi kendaraan-kendaraan yang nantinya akan mengangkut penumpang dan terwujudnya keamanan keselamatan, ketertiban yang tentunya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ujar Eti, dilansir dari NTMC Polri (12/12/2023).

Eti mengatakan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara detil terhadap kendaraan untuk memastikan kendaraan tersebut layak beroperasi.

Dari hasil pemeriksaan itu, pengemudi beserta kendaraanya dipastikan dalam kondisi baik dan siap melayani masyarakat saat libur Nataru.

Baca juga: Ulas Perbedaan Toyota Transmover Bluebird dengan Avanza

“Semuanya alhamdulillah sehat, dari mulai tensi, cek urine, semuanya dalam keadaan sehat,” ucap Eti.

Eti Haryati menambahkan, pada libur Nataru mendatang, kemungkinan akan ada lonjakan kendaraan dengan tujuan tempat wisata.

Selain pengemudi, para penumpang juga menurutnya diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dengan tidak naik turun dari kendaraan umum sembarangan.

“Kami juga dari kepolisian menghimbau penumpang yg berada di kendaraan itu harus berani untuk menegur pengemudi yang ugal-ugalan yang tidak memberikan rasa nyaman kepada para penumpang,” kata Eti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com