Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Kawasan Rawan Macet Selama Libur Nataru 2023/2024

Kompas.com - 12/12/2023, 13:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan telah memetakan tiga titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan arus lalu lintas ketika periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Oleh karenanya, sejumlah rekayasa lalu lintas disiapkan. Rencananya, upaya tersebut akan dilaksanakan berbarengan dengan Operasi Lilin 2023 mulai 22 Desember 2023 mendatang.

Titik yang pertama, ialah jalur Tol Sumatra sampai dengan Probolinggo yang diantisipasi terjadi kepadatan lalu lintas. Ada beberapa titik di kluster tersebut yang menjadi perhatian kepolisian untuk dilakukan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Pilihan Mobil Matik Baru di Bawah Rp 250 Juta Jelang Akhir 2023

Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.Dok. Jasa Marga Ilustrasi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama mulai mengalami peningkatan jelang libur Nataru 2022.

"Pertama ada di rest area, ini juga kami atur traffic flow-nya di sana, sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya," kata Aan, dikutip dari laman NTMC Polri Selasa (12/12/2023).

Kluster kedua, kepolisian akan mengantisipasi jalur arteri dan jalur wisata di ruas terkait. Rekayasa lalu lintasnya mulai dari penerapan sistem satu arah atau one way hingga contraflow.

"Ini juga kami antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata. Langkah-langkah pengalihan arus atau pun one way, contraflow ini sudah kami persiapkan," ujar Aan.

Baca juga: Bluebird Tambah 500 Taksi Listrik Baru Tahun Depan

Arus lalu lintas di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, mac KOMPAS.com/M Chaerul Halim Arus lalu lintas di kawasan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, mac

Kluster ketiga yang jadi perhatian Korlantas Polri selama Nataru 2023/2024 adalah jalur penyeberangan laut. Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan konsep sedemikian rupa guna mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

"Ini juga jadi konsen kami baik di Pelabuhan Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain," kata dia.

Kami sudah siapkan operasi di sana, sehingga suplai kendaraan ke pelabuhan ini kami atur agar tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck, supaya dapat keluar dari dermaga," tambah Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com